Analisis Peluang Bisnis K-Fashion pada Penggemar K-Pop di Bandung Raya dengan Pendekatan Customer Journey Mapping
Date
2025Author
Arzam, Dinda Jalilah Kasih
Chasanah, Alfa
Muhibuddin, Fuad Wahdan
Metadata
Show full item recordAbstract
Penyebaran Gelombang Korea di Indonesia telah mendorong peningkatan jumlah penggemar K-Pop yang mengimitasi idola mereka melalui K-Fashion. Fenomena ini menciptakan peluang bisnis di tengah menurunnya kontribusi industri tekstil dan pakaian jadi terhadap PDRB di Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis customer persona, menyusun customer journey map, serta menganalisis peluang bisnis K-Fashion. Penelitian ini menggunakan pendekatan customer journey mapping dengan lokasi penelitian di Bandung Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggemar K-Pop memiliki pola perjalanan pelanggan yang khas terhadap K-Fashion, dimulai dari terinspirasi oleh idola K-Pop, mencari informasi di media sosial, hingga mengambil keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh harga dan kualitas produk. Peluang bisnis K-Fashion dapat dioptimalkan melalui strategi digital marketing, pengembangan produk yang ramah hijab, serta peningkatan transparansi informasi produk. Studi ini memberikan wawasan bagi pelaku bisnis mode dalam memanfaatkan tren K-Fashion guna meningkatkan daya saing industri pakaian lokal serta berkontribusi dalam pemulihan industri tekstil dan pakaian jadi di Jawa Barat.
Collections
- UT - Business [597]
