Keputusan Untuk Bermitra dan Dampaknya Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil (UMK) di Indonesia
Abstract
Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Indonesia menghadapi berbagai tantangan dalam meningkatkan daya saing, seperti keterbatasan modal, sumber daya manusia, dan kesulitan pemasaran. Salah satu solusi yang diusulkan adalah kemitraan, yang dapat memberikan dukungan finansial, pelatihan, dan akses pasar. Namun, hanya sebagian kecil pelaku UMK yang memilih untuk bermitra, meskipun kemitraan dianggap dapat meningkatkan kinerja usaha. Penelitian ini penting karena UMK memiliki peran signifikan dalam perekonomian Indonesia, terutama dalam menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan untuk bermitra pada UMK, serta dampak penerapan kemitraan terhadap kinerja UMK di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari Survei Industri Mikro Kecil 2019, dengan metode Propensity Score Matching (PSM) untuk menganalisis dampak kemitraan terhadap kinerja UMK. Kinerja UMK diukur melalui omzet dan jumlah tenaga kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti pendidikan, pelatihan, hambatan bahan baku, dan usia usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan UMK untuk bermitra. Penerapan kemitraan memiliki dampak positif signifikan terhadap peningkatan omzet pada sektor mikro pangan dan sektor mikro dan kecil nonpangan. Kemitraan memiliki dampak signifikan terhadap jumlah tenaga kerja disektor UMK pangan dan nonpangan. Micro and Small Enterprises (MSEs) in Indonesia face various challenges in improving competitiveness, such as limited capital, human resources, and marketing difficulties. One proposed solution is partnerships, which can provide financial support, training, and market access. However, only a small proportion of MSE actors choose to partner, even though partnerships are considered to improve business performance. The main problem in this study is to analyze the factors that influence MSEs' decision to partner and how partnerships impact MSE performance. MSE performance is measured through revenue and number of workers. This research is important because MSEs have a significant role in the Indonesian economy, especially in creating jobs and increasing income.
This study aims to analyze the factors that influence the decision to partner in MSEs, as well as the impact of partnership implementation on the performance of MSEs in Indonesia. The data used in this study are secondary data from the 2019 Micro and Small Enterprise Survey, with the Propensity Score Matching (PSM) method to analyze the impact of partnerships on MSE performance. The results show that factors such as education, training, raw material barriers, and business age have a positive and significant effect on MSEs' decision to partner. The implementation of partnerships has a significant positive impact on increasing revenue in the food micro sector and the non-food micro and small sector. The effect of partnerships on the number of workers is also significant in the food and non-food MSE sector.
Collections
- MT - Economic and Management [3016]