Strategi Pengembangan Bisnis PT Chana Global Agridaya
Abstract
PT Chana Global Agridaya merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang Cumi, Sotong, Gurita (CSG) beku. PT Chana Global Agridaya memiliki beberapa permasalahan seperti kondisi pasar yang fluktuatif, pemasok bahan baku pada produk CSG yang memiliki daya tawar tinggi ketika terjadi kelangkaan, juga adanya fluktuasi permintaan. Sehingga, PT Chana Global Agridaya memerlukan alternatif strategi yang tepat. Tujuan penilitian untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan eksternal, menentukan gambaran posisi, serta merumuskan alternatif dan prioritas strategi pengembangan bisnis PT Chana Global Agridaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menganalisis terkait visi, misi, dan tujuan, serta faktor internal dan eksternal, dan deskriptif kuantitatif dengan alat analisis menggunakan matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM. Penilitian ini menujukkan perusahaan berada pada kuadran II pada matriks IE dan menghasilkan delapan alternatif strategi untuk PT Chana Global Agridaya, dengan menempatkan strategi meningkatkan produk diversifikasi sebagai prioritas utama. PT Chana Global Agridaya is a new company engaged in frozen Squid, Cuttlefish, Octopus (CSG). PT Chana Global Agridaya has several problems such as fluctuating market conditions, suppliers of raw materials for CSG products that have high bargaining power when there is a shortage, and fluctuations in demand. Thus, PT Chana Global Agridaya requires the right alternative strategy. The purpose of this study is to identify and analyze internal and external factors, determine the position description, and formulate alternatives and priorities for PT Chana Global Agridaya's business development strategy. The method used in this study is qualitative descriptive which is used to analyze the vision, mission, and objectives, as well as internal and external factors, and quantitative descriptive with analysis tools using the IFE, EFE, IE, SWOT, and QSPM matrices. This study shows that the company is in quadrant II of the IE matrix and produces eight alternative strategies for PT Chana Global Agridaya, by placing the strategy of increasing diversified products as the main priority.
Collections
- UT - Agribusiness [4643]