PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP AKUN INSTAGRAM @SEKOLAHVOKASIIPB DALAM PEMBERITAAN SEPUTAR KAMPUS SEKOLAH VOKASI IPB
Abstract
Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan. Dalam lingkup institusi pendidikan, Instagram dimanfaatkan sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada publik. Akun Instagram @sekolahvokasiipb dikelola oleh Humas Sekolah Vokasi IPB sebagai sarana untuk menyebarluaskan informasi terkait kegiatan, program, dan pemberitaan seputar kampus. Penelitian bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap akun Instagram @sekolahvokasiipb, menilai kualitas konten visual, serta mengukur pengaruh kualitas tersebut terhadap persepsi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Sampel dalam penelitian adalah 100 mahasiswa aktif Sekolah Vokasi IPB yang dipilih secara acak menggunakan teknik simple random sampling. Data dianalisis dengan skala likert dan uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap akun Instagram @sekolahvokasiipb berada pada kategori sangat baik. Aspek kognitif menunjukkan bahwa mahasiswa merasa informasi yang disajikan mudah diakses dan akurat, aspek afektif menunjukkan bahwa konten yang diunggah menumbuhkan rasa bangga mahasiswa terhadap kampus, sementara aspek konatif menunjukkan bahwa mahasiswa terdorong untuk terus mengikuti informasi di akun Instagram @sekolahvokasiipb. Kualitas konten visual, tipografi, layout, warna, dan logo, terbukti signifikan dalam memengaruhi persepsi mahasiswa. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya pengelolaan akun Instagram sebagai media komunikasi strategis di lingkungan pendidikan. Temuan ini dapat menjadi landasan untuk terus meningkatkan kualitas konten informasi dan visual.