View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Vocational School
      • UT - Digital Communication and Media
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Vocational School
      • UT - Digital Communication and Media
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP AKUN INSTAGRAM @SEKOLAHVOKASIIPB DALAM PEMBERITAAN SEPUTAR KAMPUS SEKOLAH VOKASI IPB

      No Thumbnail [100%x80]
      View/Open
      Cover (1.016Mb)
      Fulltext (4.974Mb)
      Lampiran (895.8Kb)
      Date
      2025
      Author
      Masdiani, Eria
      Wijaya, Abung Supama
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan. Dalam lingkup institusi pendidikan, Instagram dimanfaatkan sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada publik. Akun Instagram @sekolahvokasiipb dikelola oleh Humas Sekolah Vokasi IPB sebagai sarana untuk menyebarluaskan informasi terkait kegiatan, program, dan pemberitaan seputar kampus. Penelitian bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap akun Instagram @sekolahvokasiipb, menilai kualitas konten visual, serta mengukur pengaruh kualitas tersebut terhadap persepsi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Sampel dalam penelitian adalah 100 mahasiswa aktif Sekolah Vokasi IPB yang dipilih secara acak menggunakan teknik simple random sampling. Data dianalisis dengan skala likert dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap akun Instagram @sekolahvokasiipb berada pada kategori sangat baik. Aspek kognitif menunjukkan bahwa mahasiswa merasa informasi yang disajikan mudah diakses dan akurat, aspek afektif menunjukkan bahwa konten yang diunggah menumbuhkan rasa bangga mahasiswa terhadap kampus, sementara aspek konatif menunjukkan bahwa mahasiswa terdorong untuk terus mengikuti informasi di akun Instagram @sekolahvokasiipb. Kualitas konten visual, tipografi, layout, warna, dan logo, terbukti signifikan dalam memengaruhi persepsi mahasiswa. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya pengelolaan akun Instagram sebagai media komunikasi strategis di lingkungan pendidikan. Temuan ini dapat menjadi landasan untuk terus meningkatkan kualitas konten informasi dan visual.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161265
      Collections
      • UT - Digital Communication and Media [626]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      NoThumbnail