Efektivitas Personal Selling dalam Promosi Institut Pertanian Bogor pada Program Campus Visit
Abstract
Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan salah satu perguruan tinggi di
Indonesia yang memiliki berbagai program promosi mengenai jasa pendidikan
tinggi, salah satunya melalui kegiatan campus visit. Kegiatan ini diselenggarakan
oleh tim promosi IPB melalui biro komunikasi yang dapat menjadi wadah bagi
calon mahasiswa dalam mendapatkan informasi mengenai IPB dengan
mengunjungi IPB secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis efektivitas program campus visit terhadap pengetahuan dan sikap
calon mahasiswa. Penelitian ini menggunakan analisis SEM PLS dengan jumlah
responden 60 calon mahasiswa yang mengikuti kegiatan IPB Campus Visit yang
diambil dengan metode pemilihan sampling menggunakan accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik individu calon mahasisiwa
memiliki pengaruh tertinggi dalam menentukan efektivitas program campus visit
terkhusus pada aspek afektif calon mahasiswa. Hasil penelitian juga menunjukkan
bahwa indikator manajemen program dan personal selling tidak memiliki pengaruh
signifikan terhadap efektivitas program campus visit. Peningkatan motivasi dan
minat menjadi hal yang ditimbulkan sebagai dampak program campus visit
dibandingkan dengan perubahan pengetahuan bagi calon mahasiswa.