Pengaruh Dukungan Sosial, Efikasi Diri, Stres Akademik, dan Emosi Akademik terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa SMA
Abstract
Masa remaja yang penuh gejolak memungkinkan siswa SMA menghadapi emosi negatif seperti kecemasan, stres, dan ketidakpuasan yang dapat menghambat kemampuan siswa untuk berfungsi dengan baik di lingkungan sekolah dan mengganggu kesejahteraan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dukungan sosial, efikasi diri akademik, stres akademik, dan emosi akademik terhadap kesejahteraan psikologis pada siswa SMA. Penelitian ini menggunakan desain eksplanatori dengan teknik pengambilan contoh purposive sampling yang melibatkan sebanyak 130 siswa berusia 15 hingga 18 tahun. Data dianalisis secara deskriptif, serta uji korelasi dan regresi menggunakan SPSS versi 25. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara dukungan sosial, efikasi diri, dan emosi akademik dengan kesejahteraan psikologis. Selain itu hubungan negatif signifikan antara stres akademik dengan kesejahteraan psikologis. Hasil uji regresi penelitian juga menemukan bahwa efikasi diri dan emosi akademik memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kesejahteraan psikologis.
