View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Communication and Community Development
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Communication and Community Development
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Efektivitas Kampanye Cegah Stunting melalui Media Sosial Instagram (Kasus: Instagram @genbestid Kementerian Komunikasi dan Informatika)

      No Thumbnail [100%x80]
      View/Open
      Cover (395.4Kb)
      Fulltext (1.297Mb)
      Lampiran (1021.Kb)
      Date
      2025
      Author
      Kamilla, Dhea
      Hadiyanto
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Masalah stunting merupakan isu yang serius karena berkaitan erat dengan kualitas generasi yang akan datang. Kementerian Komunikasi dan Informatika (saat ini Kementerian Komunikasi dan Digital) memanfaatkan hadirnya media sosial untuk melakukan kampanye cegah stunting, bernama kampanye Genbest. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas kampanye Genbest di Instagram, serta hubungan antara karakteristik individu, pesan kampanye, dan keterdedahan terhadap akun @genbestid dengan efektivitias kampanye. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode survey dan didukung pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukan bahwa kampanye Genbest telah efektif dalam meningkatkan pengetahuan (kognitif), memunculkan respon emosional positif (afektif), dan mendorong khalayak menerapkan pesan kampanye (konatif). Hubungan nyata ditemukan pada variabel usia dengan konatif, isi pesan dan struktur pesan dengan kognitif dan afektif, serta sumber pesan dengan afektif dan konatif. Selain itu, durasi akses akun @genbestid juga berhubungan nyata dengan kognitif. Penelitian ini menyarankan Kampanye Genbest untuk lebih menonjolkan urgensi pencegahan stunting, menciptakan slogan kampanye, memperjelas identitas sebagai kampanye resmi, serta kepada pemerintah untuk meningkatkan edukasi berbasis komunitas.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161051
      Collections
      • UT - Communication and Community Development [2138]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      NoThumbnail