Perancangan Game Ecoflorna Sebagai Produk Interpretasi Bagi Laki-Laki Prasejahtera di Kota Bogor
Abstract
NAUFAL RAFIE YUDHA PERKASA. Perancangan Game Ecoflorna Sebagai
Produk Interpretasi bagi Masyarakat Prasejahtera di Kota Bogor. Dibimbing oleh
PROF. DR. IR. RICKY AVENZORA, M.SC.F.TROP.
Produk interpretasi adalah pemenuhan kebutuhan sasaran melalui
penyampaian pesan. video Game merupakan bentuk dari penerapan produk
interpretasi secara digital. Penelitian ini menganalisis penilaian responden terhadap
Game " Ecoflorna " sebagai produk interpretasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kota
Bogor pada April - Mei 2024 menggunakan deskriptif kuantitatif dengan analisis
deskriptif kepada 200 responden yang tersebar di 6 kecamatan di Kota Bogor.
Pemilihan responden masyarakat Prasejahtera mengenai Keanekaragaman Hayati.
Penilaian yang dilakukan oleh responden berada pada skala 1 sampai dengan skala
7. Aspek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari nilai manfaat, desain
visual, replayability, perangkat lunak, komunikasi visual, edukasional, dan nilai
hiburan. Penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata responden menjawab pada skor
"6" yang berarti mengarah kepada penilaian positif terhadap keberadaan Game "
Ecoflorna " sebagai produk interpretasi. Aspek-aspek yang mendapat penilaian
tertinggi pada Game ini adalah menambah pengetahuan, tampilan media menarik
untuk dilihat, dapat membantu dalam menghafal jenis-jenis flora & fauna, kontrol
yang tersedia didalam Game mudah untuk dioperasikan, foto flora & fauna cukup
unik, ketertarikan pemain untuk mencoba mengambil foto flora & fauna, dan
tingkat kesulitan yang sesuai untuk dimainkan. Keseluruhan aspek ini yang
berdampak cukup besar bagi responden setelah memainkan Game tersebut. NAUFAL RAFIE YUDHA PERKASA. Ecoflorna Game Design As An
Interpretation Product For Middle School Students In Bogor City. Supervised by
PROF. DR. IR. RICKY AVENZORA, M.SC.F.TROP.
Interpretation products are the fulfillment of target needs through message
delivery. Video Games are a form of implementing digital interpretation products.
This research analyzes respondents' assessments of the Game "Ecoflorna" as an
interpretation product. This research was conducted in Bogor City in April - May
2024 using quantitative descriptive analysis with 200 respondents spread across 6
sub-districts in Bogor City. Selection of respondents from underprivileged
communities regarding Biodiversity. The assessments made by respondents are on
a scale of 1 to 7. The aspects used in this research consist of benefit value, visual
design, replayability, software, visual communication, education and entertainment
value. This research shows that on average respondents answered with a score of
"6",which meansthat it leads to a positive assessment of the existence of the Game
"Ecoflorna" as an interpretation product. The aspects that received the highest
assessment in this Gameare increasing knowledge, the media display is interesting
to look at, can help in memorizing types of flora & fauna, the controls available in
the Game are easy to operate, the photos of flora & fauna are quite unique, the
player's interest in try to take photos of flora & fauna, and the appropriate level of
difficulty to play. All of these aspects had quite a big impact on respondents after
playing the Game.
Collections
- UT - Ecotourism [114]