Perancangan Game EcoTher sebagai Produk Interpretasi
Abstract
FACHRI EKA FADLULLAH A. Perancangan Game EcoTher sebagai Produk Interpretasi. Dibimbing oleh PROF. DR. IR. RICKY AVENZORA, M.SC.F.TROP.
Produk interpretasi adalah pemenuhan kebutuhan sasaran melalui penyampaian pesan. Video game merupakan bentuk dari penerapan produk interpretasi secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi flora dan fauna yang ada di Kota Bogor serta menilai pengaruh video game "EcoTher" terhadap masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini menggunakan metode survei dengan melakukan implementasi video game "EcoTher" kepada 200 responden dengan batasan usia dewasa awal 18-40 tahun. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan melakukan penilaian video game “EcoTher” pada 7 aspek meliputi nilai manfaat, desain visual, replayability, perangkat lunak, komunikasi visual, edukasional, dan nilai hiburan. Skala penilaian dilakukan dengan menggunakan skala LIKERT 1 sampai dengan 7. Penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata responden menjawab pada skor "5" yang berarti mengarah kepada penilaian positif terhadap keberadaan game "EcoTher" sebagai produk interpretasi. Aspek-aspek yang mendapat penilaian tertinggi pada game ini adalah menambah pengetahuan, kualitas pada gambar flora dan fauna, dapat membantu dalam menghafal jenis-jenis flora dan fauna, kontrol yang tersedia didalam game mudah untuk dioperasikan, foto flora dan fauna cukup unik, game menambah pengetahuan pemain serta memberikan tingkat kesulitan yang sesuai untuk dimainkan. FACHRI EKA FADLULLAH A. EcoTher Game Design as an Interpretation Product. Supervised by PROF. DR. IR. RICKY AVENZORA, M.SC.F.TROP.
Interpretation products are the fulfillment of target needs through message delivery. Video game s are a form of implementing digital interpretation products. This research aims to identify the potential flora and fauna in Bogor City and assess the influence of the video game "EcoTher" on society. The research method used in this study uses a survey method by implementing the video game "EcoTher" on 200 respondents with an age limit of early adulthood 18-40 years. Data analysis uses descriptive analysis by assessing the video game "EcoTher" on 7 aspects including benefit value, visual design, replayability, software, visual communication, education and entertainment value. The assessment scale was carried out using a LIKERT scale of 1 to 7. This research shows that the average respondent answered with a score of "5", which means it leads to a positive assessment of the existence of the "EcoTher" game as an interpretation product. The aspects that received the highest assessment in this game are increasing knowledge, quality of flora and fauna images, can help in memorizing types of flora and fauna, controls available in the game are easy to operate, photos of flora and fauna are quite unique, the game adds player knowledge as well as providing an appropriate level of difficulty to play.
Collections
- UT - Ecotourism [114]