Strategi Pemasaran Produk Mitraguna Di PT Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Di Region IV Jakarta)
Date
3035Author
Tuanaya, Syarief Hidayat
Suharjo, Budi
Alexandi, Muhammad Findi
Metadata
Show full item recordAbstract
Bank Syariah Indonesia (BSI) Region IV Jakarta adalah salah satu Wilayah dari BSI yang memfokuskan pertumbuhan pembiayaan mitraguna kepada instansi pemerintah maupun BUMN di Jakarta. Penelitian bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi profil nasabah yang memilih pembiayaan consumer Mitraguna di BSI; (2) Menganalisis faktor lingkungan eksternal dan internal yang memiliki dampak terhadap pertumbuhan pembiayaan consumer Mitraguna BSI; dan (3) Menyusun strategi bisnis yang tepat sesuai dengan faktor lingkungan eksternal dan internal BSI. Penelitian dilakukan di BSI Region IV Jakarta, pemilihan lokasi kajian dilakukan secara purposive, dengan pertimbangan kesediaan pihak manajemen bank untuk dijadikan lokasi kajian dan tersedianya data yang diperlukan. Waktu penelitian dilakukan bulan Juni-September 2024. Penelitian bersifat studi kasus yang dilakukan dengan cara menelusuri data dan informasi berupa faktor-faktor lingkungan, yaitu internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap kinerja bank yang digambarkan dengan matriks IFE dan EFE. Hasil skor total matriks IFE dan EFE selanjutnya dilakukan pemetaan dengan matriks IE dan perumusan strategi untuk merumuskan alternatif strategi utama dengan matriks SWOT. Penentuan prioritas strategi dengan matriks QSP. Hasil identifikasi faktor lingkungan internal sebagai dasar penentuan posisi perusahaan dengan matriks IE menunjukkan PT BSI Region IV Jakarta terletak pada sel V, yaitu jaga dan pertahankan. Berdasarkan hasil analisis SWOT, diperoleh alternatif strategi yang dapat diterapkan dan berdasarkan perhitungan dalam matriks QSP, diperoleh hasil strategi yang diprioritaskan untuk diimplementasikan, yaitu membangun kemitraan atau kolaborasi untuk menciptakan keunggulan kompetitif dalam menghadapi tantangan dan memenuhi harapan nasabah dengan nilai daya tarik tertinggi diantara alternatif strategi lainnya. Bank Syariah Indonesia (BSI) Region IV Jakarta is one of the BSI regions that focuses on the growth of partner financing for government agencies and state-owned companies in Jakarta. The research aims to: (1) Identify customer profiles who choose Mitraguna consumer financing at BSI; (2) Analyzing external and internal environmental factors that have an impact on the growth of Mitraguna BSI consumer financing; and (3) Develop appropriate business strategies in accordance with BSI's external and internal environmental factors. The research was conducted at BSI Region IV Jakarta, the study location was selected purposively, taking into account the bank management's willingness to use it as a study location and the availability of the required data. The time of the research was carried out in June-September 2024. The research was a case study which was carried out by exploring data and information in the form of environmental factors, namely internal and external which influence bank performance which is described by the IFE and EFE ma-trices. The total score results of the IFE and EFE matrices are then mapped using the IE matrix and strategy formulation to formulate the main strategic alternatives using the SWOT matrix. Determining strategic priorities with the QSP matrix. The results of identifying internal environmental factors as a basis for determining the company's position using the IE matrix show that PT BSI Region IV Jakarta is located in cell V, namely guard and maintain. Based on the results of the SWOT analysis, alternative strategies that can be implemented are obtained and based on calculations in the QSP matrix, the results of strategies that are prioritized for implementation are obtained, namely building partnerships or collaborations to create competitive advantages in facing challenges and meeting customer expectations with the highest attractiveness value among alternative strategies
Collections
- MT - Professional Master [901]