Show simple item record

dc.contributor.advisorArdiansyah, Firman
dc.contributor.authorMahanani, Sekar Daru
dc.date.accessioned2025-01-24T07:14:31Z
dc.date.available2025-01-24T07:14:31Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/161005
dc.description.abstractSeiring dengan adanya kemajuan teknologi, mulai terjadi perubahan pada media informasi yang memudahkan berbagai kalangan termasuk seniman lokal dalam membagikan ilustrasi mereka, salah satunya melalui media sosial. Seniman lokal perlu mengetahui media sosial yang sesuai dengan kebutuhan mereka agar dapat memanfaatkan media sosial secara maksimal. Penelitian ini bertujuan memetakan mental model dan thinking styles seniman lokal dalam bermedia sosial untuk memenuhi tujuan tertentu dan mengetahui bagaimana cara mendukung kebutuhan seniman-seniman lokal dalam bermedia sosial. Partisipan wawancara dipilih menggunakan purposive sampling dan diwawancarai mengenai penggunaan media sosial Facebook, Instagram, dan X untuk membagikan ilustrasi mereka. Hasil penelitian ini berupa thinking styles terhadap 3 purpose dan mental model yang ditandai sesuai dengan perilaku thinking styles tertentu serta proposal solusi yang dapat dilakukan untu mendukung kebutuhan seniman lokal. Dilakukan juga pengelompokkan tambahan yang membedakan partisipan menjadi 2 kelompok, partisipan yang membagikan ilustrasinya murni karena hobi dan partisipan yang juga mengharapkan untuk mengkomersialisasi ilustrasinya, serta thinking styles yang ditemukan pada masing-masing kelompok.
dc.description.abstractWith the advancement in technology, the way information spreads started to shift, making it easier for people including artists to share their work, one of which is through social media. Local artists need to know suitable social media platform that suits their needs to utilize it to the maximum. This research intends to map out the mental model and thinking styles of local artists in using social media to fulfill certain needs through its features and community. Participants were chosen through purposive sampling and interviewed about their use of Facebook, Instagram, and X to share their illustrations. The result of this research is thinking styles for 3 purposes, mental model marked with the thinking styles, and solution proposals on how to fulfill local artists’ needs. Another grouping was also made based on whether participants share their illustrations fully as a hobby or if they intended to commercialize their work and thinking styles found in each group.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleRiset Pengalaman Pengguna Media Sosial Sebagai Sarana Publikasi Ilustrasi 2D Bergaya Gambar Anime/Manga Jepangid
dc.title.alternativeResearch on Social Media User Experience as a Means of Publication of 2D Illustration with Japanese Anime/Manga Artstyle
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordsenimanid
dc.subject.keywordthinking stylesid
dc.subject.keywordmental modelid
dc.subject.keywordartistid


Files in this item

No Thumbnail [100%x80]
No Thumbnail [100%x80]

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record