Riset Pengalaman Pengguna Media Sosial Sebagai Sarana Publikasi Ilustrasi 2D Bergaya Gambar Anime/Manga Jepang
Abstract
Seiring dengan adanya kemajuan teknologi, mulai terjadi perubahan pada
media informasi yang memudahkan berbagai kalangan termasuk seniman lokal
dalam membagikan ilustrasi mereka, salah satunya melalui media sosial. Seniman
lokal perlu mengetahui media sosial yang sesuai dengan kebutuhan mereka agar
dapat memanfaatkan media sosial secara maksimal. Penelitian ini bertujuan
memetakan mental model dan thinking styles seniman lokal dalam bermedia sosial
untuk memenuhi tujuan tertentu dan mengetahui bagaimana cara mendukung
kebutuhan seniman-seniman lokal dalam bermedia sosial. Partisipan wawancara
dipilih menggunakan purposive sampling dan diwawancarai mengenai penggunaan
media sosial Facebook, Instagram, dan X untuk membagikan ilustrasi mereka. Hasil
penelitian ini berupa thinking styles terhadap 3 purpose dan mental model yang
ditandai sesuai dengan perilaku thinking styles tertentu serta proposal solusi yang
dapat dilakukan untu mendukung kebutuhan seniman lokal. Dilakukan juga
pengelompokkan tambahan yang membedakan partisipan menjadi 2 kelompok,
partisipan yang membagikan ilustrasinya murni karena hobi dan partisipan yang
juga mengharapkan untuk mengkomersialisasi ilustrasinya, serta thinking styles
yang ditemukan pada masing-masing kelompok. With the advancement in technology, the way information spreads started to
shift, making it easier for people including artists to share their work, one of which
is through social media. Local artists need to know suitable social media platform
that suits their needs to utilize it to the maximum. This research intends to map out
the mental model and thinking styles of local artists in using social media to fulfill
certain needs through its features and community. Participants were chosen through
purposive sampling and interviewed about their use of Facebook, Instagram, and X
to share their illustrations. The result of this research is thinking styles for 3
purposes, mental model marked with the thinking styles, and solution proposals on
how to fulfill local artists’ needs. Another grouping was also made based on
whether participants share their illustrations fully as a hobby or if they intended to
commercialize their work and thinking styles found in each group.