Pengaruh Komunikasi Ibu dan Anak serta Teladan Berbahasa Ibu terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah
Abstract
Usia prasekolah adalah periode penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, termasuk perkembangan bahasa, yang mencakup kemampuan memahami dan mengungkapkan kata-kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh karakteristik anak dan keluarga, komunikasi ibu-anak, dan teladan berbahasa ibu terhadap perkembangan bahasa anak prasekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan melibatkan 100 ibu dan anak prasekolah di taman kanak-kanak yang berada di kota dan kabupaten Bogor. Contoh dipilih menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Uji analisis hubungan menggunakan Pearson dan uji pengaruh menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil uji hubungan menunjukkan bahwa usia anak memiliki hubungan positif signifikan dengan komunikasi ibu dan anak dan perkembangan bahasa. Pendidikan ibu dan pendapatan keluarga memiliki hubungan positif signifikan dengan komunikasi ibu dan anak, teladan berbahasa ibu, dan perkembangan bahasa. Hasil uji hubungan menemukan bahwa komunikasi ibu dan anak serta teladan berbahasa ibu berhubungan positif signifikan dengan perkembangan bahasa. Hasil uji pengaruh menemukan bahwa usia anak dan komunikasi ibu dan anak berpengaruh signifikan positif terhadap perkembangan bahasa, sementara teladan berbahasa tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan bahasa.