View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Human Ecology
      • UT - Family and Consumer Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pengaruh Komunikasi Ibu dan Anak serta Teladan Berbahasa Ibu terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah

      No Thumbnail [100%x80]
      View/Open
      Cover (502.9Kb)
      Fulltext (2.069Mb)
      Lampiran (553.6Kb)
      Date
      2025
      Author
      Almas, Afiqah Husnayani
      Hastuti, Dwi
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Usia prasekolah adalah periode penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, termasuk perkembangan bahasa, yang mencakup kemampuan memahami dan mengungkapkan kata-kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh karakteristik anak dan keluarga, komunikasi ibu-anak, dan teladan berbahasa ibu terhadap perkembangan bahasa anak prasekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan melibatkan 100 ibu dan anak prasekolah di taman kanak-kanak yang berada di kota dan kabupaten Bogor. Contoh dipilih menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Uji analisis hubungan menggunakan Pearson dan uji pengaruh menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil uji hubungan menunjukkan bahwa usia anak memiliki hubungan positif signifikan dengan komunikasi ibu dan anak dan perkembangan bahasa. Pendidikan ibu dan pendapatan keluarga memiliki hubungan positif signifikan dengan komunikasi ibu dan anak, teladan berbahasa ibu, dan perkembangan bahasa. Hasil uji hubungan menemukan bahwa komunikasi ibu dan anak serta teladan berbahasa ibu berhubungan positif signifikan dengan perkembangan bahasa. Hasil uji pengaruh menemukan bahwa usia anak dan komunikasi ibu dan anak berpengaruh signifikan positif terhadap perkembangan bahasa, sementara teladan berbahasa tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan bahasa.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160988
      Collections
      • UT - Family and Consumer Sciences [1340]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      NoThumbnail