Pengaruh Kelekatan Orang Tua-Remaja dan Konsep Diri terhadap Kemandirian Remaja Santri Pondok Pesantren
Abstract
Masa remaja merupakan periode penting dalam perkembangan psikososial. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh karakteristik remaja, karakteristik keluarga, pola kelekatan orang tua-remaja, konsep diri remaja terhadap kemandirian remaja. Desain penelitian ini cross sectional study dan metode berupa survei dan wawancara. Pengambilan data bertempat di Pondok Pesantren Husnul Khotimah Kuningan dengan contoh 200 remaja santri berusia 15-18 tahun. Data dianalisis secara deskriptif serta inferensia berupa uji korelasi dan regresi menggunakan SPSS. Hasil uji hubungan menunjukkan bahwa kelekatan orang tua-remaja, konsep diri remaja, dan kemandirian remaja saling berhubungan positif signifikan. Sementara hasil uji pengaruh menunjukkan hasil pengaruh positif signifikan antara status keluarga dan konsep diri terhadap kemandirian remaja santri. Sementara itu, hasil uji pengaruh kelekatan orang tua-remaja tidak berpengaruh terhadap kemandirian remaja santri sehingga dapat dikatakan bahwa faktor lain seperti lingkungan sosial, pertemanan, dan pendidikan lebih berperan dalam membentuk kemandirian remaja. Adolescence is an important period in psychosocial development. This study aims
to analyse the influence of adolescent characteristics, family characteristics, parentadolescent attachment patterns, and self-concept on adolescent independence. This
research design is a cross sectional study and methods in the form of surveys and
interviews. Data collection was located at Husnul Khotimah Islamic Boarding
School in Kuningan with 200 participants aged 15-18 years. Data were analysed
descriptively and inferentially in the form of correlation and regression tests using
SPSS. The results of the relationship test show that parent-adolescent attachment,
adolescent self-concept, and adolescent independence are significantly positively
related. Meanwhile, the results of the influence test showed a significant positive
effect between family status and self-concept on the independence of adolescent
santri. On the other hand, the results of the influence test of parent-adolescent
attachment have no effect on the independence of adolescent students, so it can be
said that other factors such as social environment, friendship, and education play a
stronger role in forming adolescent independence.