Pengaruh Kualitas Game Jenggala Bestari terhadap Replayability sebagai Produk Interpretasi bagi Masyarakat Kota Bogor
Abstract
Video Gim menjadi sarana untuk memperoleh hiburan yang paling populer pada era
transformasi digital. Popularitas video gim didukung dari kualitas konsep dan tampilan
yang dapat mempengaruhi pengguna untuk memainkan secara berulang. Pemutaran
ulang atau replayability dimaknai sebagai bentuk loyalitas pengguna terhadap video
gim. Kombinasi antara video gim dan produk interpretasi adalah penerapan secara
digital untuk menyampaikan informasi dan meningkatkan pengetahuan masyarakat
secara masif dengan memanfaatkan loyalitas pengguna video gim. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas gim jenggala bestari terhadap
replayability. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari – Maret 2024 di 6
kecamatan Kota Bogor menggunakan mix methods kepada 200 responden usia 18 – 40
tahun. Responden akan menilai variabel kualitas gim jenggala bestari dengan skala
likert pada skala 1 sampai dengan skala 7. Variabel dalam penelitian menggunakan tujuh
kriteria dan tujuh indikator penilaian yang dirancang berdasarkan metode One Score
One Indicator Scoring System (Avenzora, 2008) yang meliputi nilai manfaat, desain
visual, replayability, perangkat lunak, komunikasi visual, edukasional, dan nilai
hiburan. Ketujuh aspek tersebut dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda
untuk mengetahui pengaruh signifikan variabel independen terhadap variabel dependen
(replayability). Penelitian ini menunjukan respon positif pada seluruh variabel
penelitian. Dari hasil penelitian ini maka direkomendasikan perlunya pengembangan
produk interpretasi berbasis video gim yang memperhatkan kesesuaian konsep dan isi
konten agar efektif dalam menyampaikan informasi dan meningkatkan pengetahuan
masyarakat Kota Bogor. Video games are the most popular means of obtaining entertainment in the era of digital
transformation. The popularity of video games is supported by the quality of the concept
and appearance that can influence users to play repeatedly. Replayability is interpreted
as a form of user loyalty to a video game. The combination of video games and
interpretation products is the digital application to convey information and massively
increase public knowledge by leveraging the loyalty of video game users. This study
aims to analyze the influence of the quality of the best games on replayability. This
research was carried out in February – March 2024 in 6 sub-districts of Bogor City
using mixed methods to 200 respondents aged 18 – 40 years. Respondents will assess
the quality variable of the best game with a likert scale from 1 to 7. The variables in the
study used seven criteria and seven assessment indicators designed based on the One
Score One Indicator Scoring System method (Avenzora, 2008) which included benefit
value, visual design, replayability, software, visual communication, educational, and
entertainment value. These seven aspects were analyzed using multiple linear
regression analysis to determine the significant influence of independent variables on
dependent variables (replayability). This study showed a positive response to all
research variables. From the results of this study, it is recommended the need to develop
a video game-based interpretation product that considers the suitability of the concept
and content of the content to be effective in conveying information and increasing the
knowledge of the people of Bogor City.
Collections
- UT - Ecotourism [114]