Analisis Pengaruh Kelayakan Nasabah terhadap Kelancaran Pengembalian Pembiayaan Konsumsi: Studi Kasus Bank Panin Dubai Syariah
Abstract
Bank Panin Dubai Syariah merupakan salah satu perbankan di Indonesia, dengan Non Performing Financing (NPF) lebih besar dibandingkan rata-rata perbankan syariah Indonesia. NPF besar menunjukkan bank memiliki risiko pembiayaan yang buruk, banyak pembiayaan yang bermasalah. Faktor yang mempengaruhi kelancaran pembiayaan yaitu salah satunya dari kelayakan nasabah, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kelayakan nasabah terhadap kelancaran pengembalian pembiayaan konsumsi di Bank Panin Dubai Syariah, Jakarta. Data yang digunakan adalah data primer, terdiri dari sampel 270 nasabah yang terdaftar pada tahun 2022, dengan 209 nasabah yang lancar dan 61 nasabah yang tidak lancar dalam mengembalikan pembiayaan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis statistik desriptif dan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia, nilai pembiayaan, jangka waktu pembiayaan, pendapatan bulanan, lama bekerja, dan status perkawinan berpengaruh signifikan terhadap kelancaran pengembalian pembiayaan. Urutan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kelancaran pengembalian pembiayaan, berdasarkan koefisien regresi baku absolut adalah jangka waktu pembiayaan, status perkawinan, usia, pendapatan bulanan, lama bekerja, dan nilai pembiayaan.
Kata kunci: Kelancaran pengembalian pembiayaan, Kelayakan nasabah, Regresi logistik Bank Panin Dubai Syariah is one of the banks in Indonesia with a Non-Performing Financing (NPF) rate higher than the average of Islamic banks in Indonesia. A high NPF indicates that the bank faces significant financing risks, with many problematic financings. One of the factors affecting the smoothness of financing repayment is customer eligibility. Therefore, this study aims to analyze the influence of customer eligibility on the smoothness of consumption financing repayment at Bank Panin Dubai Syariah, Jakarta. The data used is primary data, consisting of a sample of 270 customers registered in 2022, with 209 customers who are smooth in repaying and 61 customers who are not. The research methods employed are descriptive statistical analysis and logistic regression analysis. The results show that age, financing value, financing term, monthly income, employment duration, and marital status significantly affect the smoothness of financing repayment. The variables that have the most dominant influence on the smoothness of financing repayment, based on the absolute standard regression coefficients, are repayment period, marital status, age, monthly income, employment duration, and loan amount.
Keywords: customer eligibility, logistic regression, smooth financing repayment