Analisis Sikap Multiatribut terhadap On Demand Meal Delivers (ODMD) ShopeeFood di Jabodetabek
Abstract
ShopeeFood merupakan salah satu dari 3 pemain terbesar di Industri On Demand Meal Delivery (ODMD) di Indonesia. Industri ODMD di Indonesia diperkirakan mencapai nilai transaksi bruto sebesar US$16 miliar dengan pertumbuhan tahunan 20,03% (2023). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen, menganalisis sikap konsumen terhadap objek dan atribut ShopeeFood menggunakan metode fishbein, dan memetakan tingkat kepentingan dan kinerja atribut menggunakan metode Importance-Performance Analysis (IPA). Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling, menggunakan purposive sampling dengan responden sebanyak 385 orang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengguna ShopeeFood di jabodetabek didominasi oleh perempuan, generasi z, pendidikan S1/D4, membeli di rentang 0-4 kali dalam sebulan, pendapatan Rp0-Rp4.900.000 per bulan, dan membeli untuk diri mereka sendiri. Analisis sikap konsumen terhadap platform ShopeeFood menunjukkan angka 193,45 (sangat baik), dengan kecepatan pengiriman sebagai atribut yang dianggap penting tetapi berkinerja rendah, sehingga perlu menjadi prioritas oleh ShopeeFood.
Collections
- UT - Agribusiness [4634]