Faktor-Faktor yang Memengaruhi Preferensi Gen Z terhadap Investasi Surat Berharga Negara
Date
2025Author
Manik, Inggret Mailoka
Asnawi, Yudha Heryawan
Kamilah, Khairiyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Fenomena rendahnya minat Generasi Z terhadap investasi Surat Berharga Negara (SBN) menjadi kontradiksi yang menarik, mengingat Generasi Z mencatat persentase jumlah investor terbesar di Indonesia saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi preferensi investasi SBN di kalangan Generasi Z. Variabel yang diteliti meliputi pengetahuan, kepercayaan, dan bauran produk. Analisis faktor digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi preferensi Gen Z dalam memilih investasi. Sedangkan untuk menganalisis pengetahuan, kepercayaan, dan bauran produk terhadap investasi SBN digunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan bauran produk merupakan faktor dominan yang memengaruhi preferensi investasi SBN, sementara kepercayaan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi penyusunan strategi pemasaran SBN yang lebih efektif untuk menarik minat Generasi Z. The phenomenon of Generation Z's low interest in investing in Government Securities (SBN) is an interesting contradiction, considering that Generation Z accounts for the largest percentage of investors in Indonesia today. This research aims to identify factors that influence SBN investment preferences among Generation Z. The variables studied include knowledge, trust and product mix. Factor analysis is used in this research to analyze the factors that influence Gen Z's preferences in choosing investments. Meanwhile, to analyze knowledge, trust and product mix regarding SBN investment, a descriptive method is used. The research results show that knowledge and product mix are the dominant factors influencing SBN investment preferences, while trust does not show a significant influence. These findings provide importance for developing a more effective SBN marketing strategy to attract the interest of Generation Z.
Collections
- UT - Business [459]