View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Business School
      • UT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Business School
      • UT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Pengaruh Promosi Flash Sale Toko terhadap Impulsive Buying Konsumen Wainmart Medan di Marketplace Shopee

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (932.4Kb)
      Fulltext (713.4Kb)
      Lampiran (801.9Kb)
      Date
      2025
      Author
      Islam, Muhammad Islahul
      Suroso, Arif Imam
      Nuraisyah, Ani
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      MUHAMMAD ISLAHUL ISLAM. Analisis Pengaruh Promosi Flash Sale Toko terhadap Impulsive Buying Konsumen Wainmart Medan di Marketplace Shopee. Dibimbing oleh ARIF IMAM SUROSO dan ANI NURAISYAH. Wainmart Medan mulai menerapkan promosi flash sale toko di Shopee pada November 2023. Sebagai seller yang baru menerapkan flash sale toko, Wainmart Medan memerlukan strategi yang dapat membantu mengoptimalisasi promosi flash sale toko tersebut karena sebelumnya Wainmart Medan tidak memenuhi target penjualannya. Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh kelangkaan kuantitas dan waktu serta perceived arousal (rangsangan) terhadap impulsive buying (pembelian spontan) konsumen Wainmart Medan di Shopee. Penelitian ini melibatkan 160 responden yang mengisi kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif dan SEM-PLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelangkaan kuantitas dan keterbatasan waktu secara signifikan memengaruhi perceived arousal, yang selanjutnya memiliki dampak signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif. Implikasi manajerial yang disarankan meliputi pengoptimalan strategi kelangkaan, peningkatan antusiasme melalui flash sale, penggunaan teori Competitive Arousal Model (CAM), serta pemilihan waktu flash sale yang tepat. Pemantauan dan penyesuaian strategi secara berkala juga disarankan untuk memastikan efektivitas yang berkelanjutan.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160734
      Collections
      • UT - Business [597]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository