Determinan Minat dan Niat Wakaf Uang atau Melalui Uang Pada Super App Berkahwakaf.id
Date
2025Author
Maulana, Muhammad Neko
Siregar, Hermanto
Saptono, Imam Teguh
Metadata
Show full item recordAbstract
Jumlah penduduk muslim di Indonesia yang besar menjadi potensi dalam peningkatan pengumpulan wakaf uang. Baik Nazhir maupun Wakif dapat memanfaatkan teknologi inovatif yang dapat diakses melalui perangkat digital untuk mempermudah proses pengumpulan wakaf uang.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum tentang niat komunitas muslim terhadap wakaf tunai. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi determinan niat masyarakat terhadap wakaf uang. Studi ini menggunakan metode statistik Structural Equation Modeling Partial Least Squares (SEM PLS). Metode ini sejalan dengan pendekatan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)2 serta literasi wakaf.
Hasil analisis diskriptif, menunjukkan responden yang tinggal atau bekerja di Jakarta lebih berminat pada wakaf melalui uang dibandingkan dengan wakaf uang. Nilai indeks literasi wakaf sebesar 72.81% (moderat), nilai pemaham dasar wakaf sebesar 47.83% dan pemahaman lanjutan wakaf sebesar 24.98%. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis, nilai harga, kebiasaan, dan literasi wakaf semuanya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat berperilaku.
Manajemen disarankan mengadopsi strategi yang berfokus pada perbaikan berkelanjutan aplikasi Berkahwakaf.id untuk meningkatkan keterlibatan dan niat pengguna. Ini termasuk menambahkan fitur baru berdasarkan umpan balik pengguna untuk melebihi harapan, serta menampilkan manfaat aplikasi tersebut. Memanfaatkan kecerdasan buatan dan big data untuk layanan yang dipersonalisasi adalah kunci untuk mengubah calon pengguna menjadi pengguna. Transparansi dalam alokasi dana wakaf dan menyoroti dampak sosialnya sangat penting. Aplikasi dapat menampilkan testimoni video, infografis, dan artikel tentang proyek- proyek yang sukses, serta fungsi ulasan untuk meningkatkan partisipasi komunitas. Strategi promosi yang konsisten di berbagai platform seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan X sangat penting. Kolaborasi dengan lembaga masjid untuk mengintegrasikan proyek wakaf melalui Berkahwakaf.id akan semakin memperkuat keberadaannya. Untuk meningkatkan visibilitas, manajemen harus fokus pada kata kunci yang sedang tren seperti "wakaf online" dan "program wakaf produktif," menggunakan alat analisis kata kunci untuk menargetkan frasa dengan lalu lintas tinggi. Direkomendasikan untuk meningkatkan konten berkualitas tinggi dan backlink agar memperluas jangkauan audiens dan meningkatkan otoritas domain. This research aims to provide a general overview of the intentions of the Muslim community toward cash waqf. The study aims to pinpoint the factors that influence the public's intention in cash waqf. This study employs the Structural Equation Modeling Partial Least Squares (SEM PLS) statistical method. This method aligns with both the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)2 approach and waqf literacy.
The results of the descriptive analysis show that respondents living or working in Jakarta are more interested in donating waqf through money compared to cash waqf. The waqf literacy index is 72.81% (moderate), the basic understanding of waqf is 47.83%, and the advanced understanding of waqf is 24.98%. The statistical test results indicate that performance expectations, effort expectations, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, price value, habits, and waqf literacy all have a positive and significant impact on behavioral intention.
Management is advised to adopt a strategy focused on the continuous improvement of the Berkahwakaf.id application to enhance user engagement and intent. This includes adding new features based on user feedback to exceed expectations, as well as showcasing the benefits of the application. Leveraging artificial intelligence and big data for personalized services is key to converting potential users into actual users. Transparency in the allocation of waqf funds and highlighting their social impact is very important. The application can showcase video testimonials, infographics, and articles about successful projects, as well as a review function to enhance community participation. Consistent promotional strategies across various platforms such as YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, and X are very important. Collaboration with mosque institutions to integrate waqf projects through Berkahwakaf.id will further strengthen its presence. To increase visibility, management should focus on trending keywords such as "online waqf" and "productive waqf programs," using keyword analysis tools to target high-traffic phrases. We recommend improving high-quality content and backlinks to expand audience reach and increase domain authority.
Collections
- MT - Business [2069]