Marketing Mix Strategy Hotel Bintang Tiga: Studi Kasus Papyrus Tropical Hotel
Date
2025Author
Lestari, Sekar Ayu Dwi
Nurhayati, Popong
Abdullah, Asaduddin
Metadata
Show full item recordAbstract
Papyrus Tropical Hotel, menghadapi tantangan mempertahankan daya saing
di industri perhotelan bintang tiga di Kota Bogor dan tantangan penerapan strategi
pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran
melalui segmenting, targeting, differentiation, positioning dan marketing mix 7P,
menganalisis kinerja pemasaran dalam memenuhi kepentingan pelanggan dengan
marketing mix 7P, dan rekomendasi perbaikan kinerja pemasaran yang rendah
dengan marketing mix 4C. Penelitian ini bertempat di Papyrus Tropical Hotel,
dengan menggunakan metode purposive sampling sebagai penentuan responden.
Pada analisis dan pengolahan data penelitian menggunakan metode analisis
deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, serta metode IPA. Hasil penelitian
menunjukkan ada 2 indikator (kuadran I) menjadi prioritas utama perbaikan, yaitu
fasilitas kamar dan lokasi mudah dilihat. Rekomendasi perbaikan diintegrasikan
dengan marketing mix 4C, yaitu menyesuaikan fasilitas kamar dan meningkatkan
visibilitas lokasi hotel dengan keterlibatan pelanggan yang dikembangkan lagi
berdasarkan konsep co-creation, currency, communal activation, dan conversation.
Collections
- UT - Business [459]