Show simple item record

dc.contributor.advisorSuharjo, Budi
dc.contributor.advisorRuhiyat
dc.contributor.authorKenrick
dc.date.accessioned2025-01-07T13:07:56Z
dc.date.available2025-01-07T13:07:56Z
dc.date.issued2025
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160590
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola retensi pelanggan di industri asuransi dengan menggunakan metode Kaplan-Meier, Cox Proportional Hazard, dan Random Forest. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi retensi pelanggan dan memprediksi kelompok pelanggan dengan risiko churn tinggi. Metode Kaplan Meier digunakan untuk memperkirakan fungsi survival, sedangkan model Cox mengidentifikasi variabel-variabel signifikan yang memengaruhi risiko churn. Random Forest digunakan untuk prediksi churn, yang menunjukkan kemampuan model yang baik dalam membedakan antara pelanggan yang churn dan yang tidak churn. Hasil menunjukkan bahwa biaya operasi adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap risiko churn. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya intervensi dini untuk mengurangi churn pada awal periode polis, serta kebutuhan untuk mengembangkan strategi retensi yang lebih personal untuk pelanggan berisiko tinggi.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Pola Retensi Pelanggan dalam Industri Asuransiid
dc.title.alternative
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordKaplan-Meierid
dc.subject.keywordrandom forestid
dc.subject.keywordchurnid
dc.subject.keywordcox propotional hazardid
dc.subject.keywordretensi pelangganid


Files in this item

No Thumbnail [100%x80]
No Thumbnail [100%x80]
No Thumbnail [100%x80]

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record