Implementasi Good University Governance dan Gaya Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan, Keuangan, dan Keberlanjutan PTN BLU
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan mahasiswa PTN BLU dengan IKM yang diperoleh
adalah 83,569 berada dalam kategori baik. Implementasi GUG berpengaruh positif
v
langsung terhadap kinerja pelayanan, kinerja keuangan dan kinerja keberlanjutan.
Selanjutnya kinerja pelayanan dan kinerja keuangan masing-masing berpengaruh
positif langsung terhadap kinerja keberlanjutan. Gaya kepemimpinan PTN BLU
berpengaruh positif langsung terhadap kinerja pelayanan, kinerja keuangan, dan
kinerja keberlanjutan. Penerapan gaya kepemimpinan (transformasional atau
transaksional) tergantung pada konteks PTN BLU. Implementasi GUG
berpengaruh terhadap kinerja pelayanan, kinerja keuangan, dan kinerja
keberlanjutan melalui gaya kepemimpinan. Kinerja keuangan merupakan kinerja
PTN BLU yang memiliki ukuran pengaruh (effect size) terbesar (tinggi) oleh
implementasi GUG. Implementasi GUG berpengaruh terhadap ketiga pengukuran
kinerja PTN BLU, sehingga temuannya berupa konsep analisis pengukuran kinerja
komprehensif kinerja pelayanan, kinerja keuangan dan kinerja keberlanjutan) yang
dapat diterapkan pada perguruan tinggi lainnya. Faktor yang paling dominan dalam
strategi prioritas adalah implementasi GUG, dengan aktor yang paling dominan
adalah pimpinan PTN BLU, dan tujuan yang paling penting adalah meningkatkan
kinerja berkelanjutan, serta alternatif strategi yang paling penting adalah
meningkatkan kualitas pelayanan dalam tiga aspek akreditasi, prestasi dan tingkat
kepuasan pelanggan.
Collections
- DT - Business [332]