View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Business School
      • UT - Business
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Business School
      • UT - Business
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pengaruh User Experience terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty pada Aplikasi Bisnis PLN Mobile

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (1.329Mb)
      Fulltext (2.428Mb)
      Lampiran (1.363Mb)
      Date
      2025
      Author
      Sherissa, Aurelia
      Zulbainarni, Nimmi
      Watazawwadu'ilmi, Sendy
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Dengan semakin tingginya penetrasi pengguna internet di Indonesia, muncul kesenjangan antara jumlah unduhan aplikasi dan jumlah pengguna aktif PLN Mobile, yang menunjukkan pentingnya evaluasi pada aspek pengalaman pengguna. Di tengah transformasi digital yang dilakukan PT PLN (Persero) untuk meningkatkan kualitas pelayanan di era industri 4.0 perlu dilakukan pengkajian mendalam mengenai pengaruh User Experience terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada aplikasi PLN Mobile. Data dikumpulkan melalui survei daring kepada pengguna aktif di wilayah Jabodetabek dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling - Partial Least Square (SEM-PLS) untuk menguji hubungan antara User Experience, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa User Experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, yang kemudian memediasi pengaruh terhadap loyalitas pelanggan; pengaruh langsung User Experience terhadap loyalitas pelanggan sendiri tidak signifikan, sehingga kepuasan pelanggan memainkan peran penting sebagai variabel mediasi. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar PLN memperkuat fitur dan desain aplikasi untuk mendukung kenyamanan dan keamanan pengguna, serta menerapkan program retensi untuk mendorong penggunaan berkelanjutan dan meningkatkan rekomendasi aplikasi oleh pelanggan.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160573
      Collections
      • UT - Business [597]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository