Strategi Pengembangan Sumber Daya dan Kapabilitas CV Nawasena Pangan Kreatif untuk Mencapai Keunggulan yang Kompetitif
Date
2025Author
Sulaiman, Khalid Hafizh
Asnawi, Yudha Heryawan
Widhiani, Anita Primaswari
Metadata
Show full item recordAbstract
KHALID HAFIZH SULAIMAN. Strategi Pengembangan Sumber daya dan
Kapabilitas CV Nawasena Pangan Kreatif untuk Mencapai Keunggulan yang
Kompetitif. Dibimbing oleh YUDHA HERYAWAN ASNAWI dan ANITA
PRIMASWARI WIDHIANI
CV Nawasena Pangan Kreatif merupakan perusahaan yang memproduksi
tepung premiks bebas gluten sejak tahun 2020. Saat ini perusahaan sedang
mengalami pertumbuhan untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin besar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi merumuskan strategi
pengembangan sumber daya dan kapabilitas yang dimiliki perusahaan untuk
mencapai keunggulan kompetitf yang berkelanjutan. Penelian ini dilakukan dengan
pendekatan deskriptif kualitatif dengan responden merupakan orang yang memiliki
pengetahuan mendalam mengenai perusaahan tersebut. Pengolahan data dilakukan
dengan menggunakan VRIO analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan CV
Nawasena Pangan Kreatif memiliki 18 sumber daya dan kapabilitas. 5 diantaranya
merupakan sumber keunggulan kompetitf yang berkelanjutan. Formulasi strategi
didapatkan dengan mengeksplorasi sumber daya dan kapabilitas yang menjadi
sumber keunggulan kompetitif perusahaan yang didapatkan 7 rekomendasi strategi
pengembangan sumber daya dan kapabilitas CV Nawasena Pangan Kreatif untuk
mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
Collections
- UT - Business [459]