Faktor-faktor yang Memengaruhi Konsumen terhadap Keputusan Menggunakan Platform Online Food Delivery
Abstract
Pertumbuhan industri rumah makan dan restoran terus mengalami peningkatan khususnya saat pandemi covid 19. Hal tersebut membuat perubahan pola perilaku belanja konsumen, termasuk pembelian makanan secara online. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi karakteristik konsumen dan faktor yang memengaruhi konsumen dalam memilih layanan online food delivery. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 129 responden dengan menggunakan metode purposive sampling, kepada pengguna aplikasi online food delivery di Jabodetabek . Berdasarkan hasil analisis SEM PLS, didapatkan nilai p value dari variabel kelengkapan produk sebesar 0,000; variabel diskon sebesar 0,023; dan variabel minat beli sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan perolehan 3 variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen, dengan minat beli paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen Penelitian ini merekomendasikan bagi pihak pengembang aplikasi online food delivery untuk fokus pada strategi pemasaran yang memperkuat minat beli konsumen, dengan cara memberikan promo diskon dan melengkapi pilihan restoran pada aplikasi. The growth of the restaurant industry continues to increase, especially during the Covid 19 pandemic. This has led to changes in consumer shopping behaviour patterns, including food online food purchases. This study aims to identify consumer characteristics and factors that influence consumers in choosing online food delivery services. This research was conducted by involving 129 respondents using purposive sampling method, to users of online food delivery applications in Jabodetabek. Based on the results of the SEM PLS analysis, the p value of the product completeness variable is 0.000; the discount variable is 0.023; and the purchase intention variable is 0.000. So that 3 variables are obtained that have a significant effect on consumer decisions, with purchase intention having the most influence on consumer decisions. This study recommends that online food delivery application developers focus on marketing strategies that strengthen consumer buying interest, by providing discount promos and completing restaurant choices in the application.
Collections
- UT - Business [597]
