Show simple item record

dc.contributor.advisorSimangunsong, Bintang C. H.
dc.contributor.authorSiahaan, Andrean Somba
dc.date.accessioned2025-01-06T07:48:20Z
dc.date.available2025-01-06T07:48:20Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/160542
dc.description.abstractPermasalahan energi global mendorong transisi dari energi fosil ke energi terbarukan, termasuk pemanfaatan briket arang yang ramah lingkungan. Indonesia, sebagai salah satu produsen briket arang terbesar, memiliki potensi ekspor yang signifikan, dengan peluang tersebut diperlukan strategi untuk mempertahankan daya saing briket arang Indonesia di pasar internasional. Penelitian ini menggunakan tiga model pendekatan Revealed Comparative Advantage (RCA) untuk menganalisis keunggulan komparatif, Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP) untuk mengukur keunggulan kompetitif dan Constant Market Share (CMS) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nilai ekspor produk. Nilai Indeks Revealed Comparative Advantage (RCA) menunjukan bahwa produk briket arang Indonesia memiliki daya saing komparatif yang sangat kuat dengan nilai 18,44-25,12. Nilai Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP) memiliki nilai diantara 0,99 sampai 1,00 berada pada tahap kematangan yang artinya Indonesia dapat dikatakan sebagai net exporter yang artinya teknologi produksi telah diterapkan secara keseluruhan dan telah terstandarisasi dengan baik sehingga Indonesia dapat disebut sebagai negara eksportir. Analisis Constat Market Share (CMS) menunjukan bahwa faktor pertumbuhan standar dan distribusi pasar memiliki nilai positif dan faktor yang paling kuat adalah faktor pertumbuhan standar.
dc.description.abstractGlobal energy issues are driving the transition from fossil fuels to renewable energy, including the use of environmentally friendly charcoal briquettes. Indonesia, as one of the largest charcoal briquette producers, has significant export potential, with this opportunity a strategy is needed to maintain the competitiveness of Indonesian charcoal briquettes in the international market. This study uses three Revealed Comparative Advantage (RCA) approach models to analyze comparative advantage, Trade Specialization Index (ISP) to measure competitive advantage and Constant Market Share (CMS) to determine the factors that influence the export value of products. The Revealed Comparative Advantage (RCA) Index value shows that Indonesian charcoal briquette products have very strong comparative competitiveness with a value of 18,44 -25,12. The Trade Specialization Index (ISP) value has a value between 0,99 and 1,00 at the maturity stage, which means that Indonesia can be said to be a net exporter, which means that production technology has been implemented as a whole and has been well standardized so that Indonesia can be called an exporting country. Constat Market Share (CMS) analysis shows that the standard growth factor and market distribution have positive values and the strongest factor is the standard growth factor.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Daya Saing Ekspor Briket Arang Indonesia Di Pasar Internasional Periode 2018-2022id
dc.title.alternativeAnalysis of Indonesian Wood Charcoal Export Competitiveness in the International Market for the 2018-2022 Period.
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordmetode RCAid
dc.subject.keywordbriket arangid
dc.subject.keywordISPid
dc.subject.keywordCMSid


Files in this item

No Thumbnail [100%x80]
No Thumbnail [100%x80]
No Thumbnail [100%x80]

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record