Laporan Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan Tahun 2019
Abstract
Dewasa ini pelayanan publik dari aparatur pemerintahan masih dirasakan banyak
kelemahan dan belum dapat memenuhi kualitas yang diharapkan. Keadaan ini ditandai
dengan masih adanya berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan melalui berbagai
media massa, sehingga dapat menimbulkan citra kurang baik bagi aparatur pemerintah
itu sendiri.
Upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik menjadi isu
strategis, untuk itu perlu disusun Indeks Kepuasan Masyarakat sebagai tolok ukur
untuk menilai tingkat kualitas pelayanan. Indeks Kepuasan Masyarakat dapat dijadikan
bahan penilaian terhadap Indikator pelayanan yang masih perlu perbaikan dan menjadi
pendorong setiap unit pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Hasil
Kajian yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara bekerjasama
dengan Biro Pusat Statistik diperoleh 48 (empat puluh delapan) Indikator penting yang
mencakup berbagai sektor layanan yang sangat bervariasi. Sedangkan dari hasil
pengujian akademis/ilmiah diperoleh 15 (lima belas) Indikator yang dapat diberlakukan
untuk semua jenis pelayanan untuk mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat. Namun
demikian, masing-masing unit pelayanan dimungkinkan untuk menambah Indikator
yang dianggap relevan dengan karakteristiknya.
Mengacu pada peraturan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi Nomor 16 tahun 2014 dan Nomor 14 tahun 2017 tentang Pedoman
penyusunan survei kepuasan masyarakat, setiap pelayanan publik diharuskan
melaksanakan survei kepuasan masyarakat 1 kali dalam 1 tahun. ...
Collections
- Management [64]