Strategi Pengembangan Usaha Beras Organik di Wiguna Farm
Abstract
Wiguna Farm adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi beras organik dengan visi menjadi produsen beras organik unggulan dan terkemuka di skala regional. Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap konsumsi produk organik, permintaan beras organik terus bertambah. Namun, produksi Wiguna Farm saat ini belum mampu memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat. Oleh karena itu, diperlukan strategi pengembangan usaha yang tepat untuk mendukung peningkatan kapasitas produksi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal guna merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha. Berdasarkan analisis matriks SWOT, dirumuskan 5 alternatif strategi, yaitu: (1) penambahan kapasitas penyediaan input pada Unit Pengolahan Pupuk Organik, (2) optimalisasi lahan sawah padi organik milik sendiri, (3) peningkatan produksi beras organik melalui perluasan lahan tanam, (4) efisiensi sarana irigasi untuk mengantisipasi musim kemarau, dan (5) memperbaiki pencatatan keuangan yang lebih terstruktur untuk meningkatkan ketahanan finansial.
Collections
- UT - Agribusiness [4643]