Strategi Pemasaran Benih Jagung Hibrida PT Agro Zuriat Mandiri, Sumatera Barat
Abstract
PT Agro Zuriat Mandiri adalah produsen dan pemasok benih jagung hibrida
dengan merek dagang AZUMA Hybrid Seeds, Perusahaan masih menghadapi
tantangan penjualan yang belum stabil serta persaingan yang ketat. Tujuan
penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang
memengaruhi kegiatan pemasaran benih jagung hibrida, merumuskan strategi
alternatif, dan menentukan prioritas strategi pemasaran produk benih jagung
hibrida yang tepat di PT Agro Zuriat Mandiri. Metode yang digunakan dalam
penelitian yaitu metode analisis deskriptif dan analisis tiga tahap formulasi
strategi menggunakan matriks faktor internal (IFE) dan matriks faktor eksternal
(EFE) yang digunakan sebagai penentuan kuadran pada matriks IE (Internal
External) untuk mengetahui rumusan alternatif strategi, serta matriks SWOT dan
QSPM. Hasil analisis menunjukkan bahwa PT Agro Zuriat Mandiri berada pada
sel V yaitu “Pertahankan dan Pelihara” yang diperoleh lima alternatif strategi
pemasaran. Strategi yang menjadi prioritas perusahaan adalah meningkatkan
kegiatan promosi produk melalui platform digital. PT Agro Zuriat Mandiri is a producer and supplier of hybrid corn seeds
under the AZUMA Hybrid Seeds brand. The company continues to face
challenges with unstable sales and intense competition. The purpose of this study
is to analyze the internal and external factors affecting the marketing activities of
hybrid corn seeds, formulate alternative strategies, and determine the appropriate
marketing strategy priorities for hybrid corn seeds at PT Agro Zuriat Mandiri. The
research method employed is descriptive analysis and a three-stage strategy
formulation analysis using the Internal Factor Evaluation (IFE) matrix and the
External Factor Evaluation (EFE) matrix, which are utilized to determine the
quadrant in the Internal-External (IE) matrix to identify alternative strategies, as
well as SWOT and QSPM matrices. The analysis results show that PT Agro
Zuriat Mandiri is in cell V, “Hold and Maintain,” leading to five alternative
marketing strategies. The company's top priority strategy is to enhance product
promotion through digital platforms.
Collections
- UT - Agribusiness [4643]