Dokumen Laporan Aktualisasi Pelatihan Dasar CPNS Di Lingkungan Kementerian Perhubungan
View/ Open
Date
2024Author
Mawaddah, Siti
Purwanto, Bagus Priyo
Lestari, Fitriani Eka Puji
Ayuningtyas, Gilang
Priyambodo, Danang
Hakim, Annisa
Metadata
Show full item recordAbstract
Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki peran strategis dalam mewujudkan tata kelola
pemerintahan yang baik dan pelayanan publik yang berkualitas. Sebagai pelayan publik, ASN
diharapkan dapat bekerja secara profesional, berintegritas, dan berorientasi pada kepentingan
masyarakat serta negara. Sebagai bagian dari ASN, dosen memiliki peran yang tidak kalah penting.
Dosen tidak hanya bertanggung jawab dalam proses transfer ilmu pengetahuan di perguruan tinggi,
tetapi juga berperan dalam mengembangkan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing
tinggi. Selain itu, dosen juga sebagai agen perubahan yang diharapkan mampu memberikan kontribusi
positif dalam proses pembangunan nasional, baik di bidang pendidikan, riset, maupun pengabdian
kepada masyarakat. Nilai ASN BerAKHLAK merupakan pedoman nilai-nilai dasar yang dapat
diaktualisasikan oleh setiap ASN dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Nilai-nilai ini meliputi
Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Dalam
konteks dosen sebagai ASN, penerapan nilai-nilai BerAKHLAK sangat relevan, terutama dalam
meningkatkan kualitas pendidikan, memperkuat integritas akademik, serta mendorong kolaborasi lintas
disiplin dan institusi untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yang lebih baik. Program magang
industri merupakan salah satu bagian dari Enrichment Course yang memiliki definisi
komponen dalam struktur kurikulum 2020 yang mencakup beragam kegiatan berupa mata
kuliah (course) atau kegiatan (activities) yang dapat dipenuhi oleh mahasiswa dari perkuliahan
atau kegiatan yang diselenggarakan oleh unit pelaksana akademik, unit pelaksana lainnya atau
mitra di luar program studi asal. Pelaksanaan Enrichment Course mengacu pada komponen
dalam kurikulum IPB tahun 2014 (berlaku untuk mahasiswa yang masuk IPB sebelum tahun
2020) dan kurikulum IPB tahun 2020 (berlaku untuk mahasiswa yang masuk IPB pada tahun
2020 dan setelahnya). Faktanya kurikulum tersebut belum dapat mengatur secara khusus
kondisi yang ada di Program Studi Teknologi dan Manajemen Ternak. Permasalahan yang
muncul seperti belum adanya peraturan yang jelas mahasiswa dalam memilih perusahaan yang
akan diambil, dan terkait persiapan, pembekalan, pelaksanaan, hingga penyusunan laporan
kegiatan magang industri.Isu yang ditangkap oleh penulis memunculkan satu gagasa kreatif
yaitu yaitu melalui penyusunan panduan magang industri.
Collections
- Diploma Programme [81]