Strategi Meningkatkan Daya Saing Agribisnis Ubi Jalar Di Indonesia
Abstract
Ubi Jalar merupakan komoditas pertanian penghasil karbohidrat yang dapat
menjadi cadangan pangan pengganti padi dan jagung. Namun tidak semua varietas
ubi jalar memiliki daya saing yang unggul di pasar internasional. Di sisi lain,
permintaan ubi jalar yang datang dari luar negeri setiap tahun semakin meningkat.
Oleh karena itu, untuk meningkatkan daya saing agribisnis ubi jalar di Indonesia
diperlukan perancangan strategi yang tepat, Perancangan strategi peningkatan daya
saing agribisnis ubi jalar ini menggunakan metode analisis deskriptif menggunakan
Teori Berlian Porter dan analisis SWOT. Berdasarkan analisis SWOT, diperoleh 3
alternatif strategi S-O dengan menggunakan kekuatan dari agribisnis ubi jalar
Indonesia untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan fokus pada budidaya
onfarm dan dirumuskan 11 program pengembangan dan peningkatan daya saing
agribisnis ubi jalar.
Collections
- Diploma Programme [81]