Analisis Penerapan Transformational Learning Di Pt. Inti Karya Persada Teknik
View/Open
Date
2005Author
Iswari, Ria Ayu
Ma'Arif, Syamsul
Pasaribu, Bomer
Metadata
Show full item recordAbstract
PT. Inti Karya Persada Teknik (IKPT) merupakan sebuah perusahaan swasta nasional di bidang EPC (Engineering, Procurement and Construction) yang sarat muatan teknologi dan pengetahuan. Dalam melakukan proses bisnisnya, perusahaan ini melibatkan sumberdaya manusia (SDM) yang memiliki pengetahuan dan kecakapan tinggi. SDM ini dituntut untuk selalu dapat mengembangkan teknologi tinggi secara terus-menerus, termasuk di dalamnya semua divisi perusahaan baik yang terkait dengan produksi maupun divisi pendukung. Perusahaan ini ingin menumbuhkan contimuous development dari kompetensi yang dimiliki setiap karyawannya. Harapan ini seiring dengan program transformasi organisasi untuk membawa perusahaan menjadi perusahaan global. Salah satu cara perusahaan agar dapat melakukan pembaruan atau transformasi adalah dengan pembelajaran. Hal ini menyebabkan IKPT harus melakukan pembaruan organisasi melalui orang-orang dan pengetahuan di dalamnya. Dalam tulisannya Tobin (1996) menjelaskan bahwa terdapat lima pondasi penting dalam pembaruan organisasi yaitu; 1) kepemimpinan yang kuat, berkomitmen dan terlihat jelas, 2) kemampuan dasar pengembangan daya pikir, 3) mengatasi hambatan miopi fungsional, 4) membangun dan mempertahankan pembelajaran yang efektif, serta 5) manajer sebagai penentu proses. Tobin (1996) juga menyatakan bahwa kelima pondasi yang diterjemahkan ke dalam 44 variabel pondasi pembelajaran tersebut secara sinergis mendukung pelaksanaan tiga unsur pembelajaran. Tiga unsur tersebut adalah belajar dari yang terbaik, membangun jejaring pengetahuan dan mendorong perilaku yang berorientasi pada kerjasama kelompok.
Dari uraian di atas, masalah utama yang dapat diidentifikasi adalah pentingnya mengetahui tindakan yang perlu diambil pihak manajemen agar dapat tercapai continuous development. Berkaitan dengan teori di atas, untuk bisnis EPC yang dijalankan PT. Inti Karya Persada Teknik dapat dirumuskan masalah sebagai berikut. 1) bagaimana kondisi faktor-faktor pondasi yang mendukung berlang- sungnya pembelajaran dalam organisasi agar tercapai suatu continuous development? 2) bagaimana penerapan tiga struktur pembelajaran yang meliputi proses belajar, jejaring pengetahuan dan perilaku pembelajaran kelompok, dalam PT. Inti Karya Persada Teknik? dan 3) apakah terdapat hubungan yang terjadi antara faktor-faktor pondasi dan tiga struktur pembelajaran transformasional
dalam IKPT? Melihat rumusan masalah di atas, maka penelitian mengenai Analisis Penerapan Learning Organization di PT. Inti Karya Persada Teknik bertujuan untuk, 1) menganalisis faktor-faktor pondasi yang mendukung berlangsungnya pembelajaran dalam organisasi PT. Inti Karya Persada Teknik sebagai suatu entitas bisnis. 2) menggambarkan tingkat penerapan struktur pembelajaran PT Inti Karya Persada Teknik dilihat dari aspek proses belajar, jejaring pengetahuan dan perilaku pembelajaran kelompok. 3) menganalisis hubungan antara faktor-faktor pondasi dan struktur pembelajaran organisasi yang terjadi, serta melihat...dst
Collections
- MT - Business [2099]