Peningkatan Pengetahuan KWT Sekar Asri Dalam Pelabelan dan Pengemasan Produk yang Baik Melalui Penyuluhan dan Fasilitasi
Date
2024Author
FAUZI, REZA PERDANA
Dharmawan, Leonard
Pratama, Agief Julio
Metadata
Show full item recordAbstract
UMKM merupakan satu aspek yang sangat penting dalam pertumbuhan
perekonomian Indonesia. KWT Sekar Asri adalah salah satu kelompok pertanian
yang mana salah satu kegiatan dari KWT tersebut yaitu melakukan kegiatan
ekonomi dengan skala usaha mikro berupa produksi makanan dan minuman.
Terdapat permasalahan yang ditemui di KWT Sekar Asri yaitu produk yang dibuat
tidak memiliki label atau informasi di dalamnya dan kemasan produk yang
digunakan masih kurang sesuai. Solusi dari permasalahan tersebut perlu dilakukan
kegiatan penyuluhan terkait pentingnya label dan kemasan produk. KWT Sekar
Asri juga berkeinginan untuk menciptakan sebuah produk pertanian yang nantinya
bisa dijual di pasaran maka dari itu kegiatan fasilitasi juga perlu dilaksanakan
setelah penyuluhan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengukur tingkat pengetahuan
anggota KWT Sekar Asri tentang label dan kemasan produk yang baik, untuk
mengetahui persepsi anggota KWT Sekar Asri terhadap kegiatan penyuluhan yang
dilakukan dan mengetahui hasil fasilitasi pembuatan label kemasan produk yang
dilakukan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, focus group
discussion, pretest dan posttest serta kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian pengetahuan awal responden mengenai label dan
kemasan yang baik sebelum dilaksanakannya penyuluhan pada tingkatan cukup
yaitu pada 70%. Hasil posttest persentase pengetahuan responden berada pada
angka 100% artinya tingkatan baik. Responden berpendapat materi penyuluhan
menarik, mudah dipahami, bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan kelompok.
Sebagian besar responden berpendapat bahwa pemateri menjelaskan materi dengan
baik dan jelas, memiliki artikulasi dan tempo yang baik serta mampu mencairkan
suasana. Sebagian besar responden juga merasa tertarik untuk menggunakan nama,
logo, dan label kemasan produk yang sudah difasilitasi. Hasil fasilitasi menunjukan
bahwa responden memilih desain logo pertama dengan nama dagang Serici dan
desain label kemasan pertama dengan perubahan latar warna menjadi hijau muda
dan tua MSMEs are a very important aspect in the growth of the Indonesian economy.
KWT Sekar Asri is one of the agricultural groups where one of the activities of the
KWT is to carry out economic activities on a micro business scale in the form of
food and beverage production. There are problems encountered at KWT Sekar Asri,
namely that the products made do not have labels or information in them and the
product packaging used is still inappropriate. The solution to these problems
requires extension activities related to the importance of product labels and
packaging. KWT Sekar Asri also wants to create an agricultural product that can
later be sold in the market, therefore facilitation activities also need to be carried
out after extension. The objectives of the study were to measure the level of
knowledge of KWT Sekar Asri members about good product labelling and
packaging, to determine the perceptions of KWT Sekar Asri members towards the
extension activities carried out and to determine the results of the facilitation of
making product packaging labels carried out. Data were collected through
observation, interview, focus group discussion, pretest and posttest and
questionnaire.
Based on the results of the study, the initial knowledge of respondents
regarding labels and good packaging before the implementation of extensions was
at a sufficient level, namely at 70%. The posttest results showed that the percentage
of respondents' knowledge was at 100%, meaning that the level was good.
Respondents found the extensions material interesting, easy to understand, useful
and in accordance with the needs of the group. Most respondents thought that the
speaker explained the material well and clearly, had good articulation and tempo
and was able to break the ice. Most respondents were also interested in using the
facilitated product names, logos and packaging labels. The results of the facilitation
showed that respondents chose the first logo design with the trade name Serici and
the first packaging label design with a change in background colour to light and
dark green.