The Value of ESG on Customer’s Purchase Intention on the Hotel Industry
Date
2024Author
Hazim, Muhammad Rifqi
Indrawan, Raden Dikky
Abdullah, Asaduddin
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini mengkaji dampak praktik Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola
(ESG) dan pengaruhnya terhadap niat beli di kalangan wisatawan domestik dan
internasional di Jakarta pada bulan Mei hingga Juni 2024. ESG telah menjadi isu
yang sering dibahas dan implementasinya ditekankan oleh pelanggan dan investor.
Tantangan implementasi cukup banyak mulai dari pengetahuan yang rendah hingga
cara mengimplementasikan ESG itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apa yang disukai pelanggan dari negara maju dan berkembang terkait
ESG. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran terhadap 200 responden
dengan desain penjelasan sekuensial, penelitian ini mengintegrasikan analisis
regresi kuantitatif dan wawancara kualitatif. Temuan kuantitatif mengungkapkan
bahwa praktik E,S dan G secara signifikan mempengaruhi niat beli pada sampel
domestik dan internasional, dengan kesadaran ESG terutama mempengaruhi adopsi
di kalangan wisatawan internasional. Wawasan kualitatif memvalidasi temuan ini,
menekankan bahwa wisatawan internasional, khususnya dari negara maju,
menunjukan ketertarikan yang lebih besar terhadap praktik ESG dibandingkan
wisatawan domestik. Penelitian ini menyoroti beberapa strategi seperti komunikasi
dan edukasi, berinvestasi terhadap pendorong niat pembelian terbesar, menciptakan
promo khusus dan memanfaatkan kemitraan. Komunikasi yang efektif dan strategi
ESG yang disesuaikan sangat penting dalam meningkatkan kepercayaan dan
loyalitas pelanggan, sehingga memperkuat daya saing hotel di pasar global. Studi
ini berkontribusi untuk memahami bagaimana faktor demografi membentuk
perilaku pelanggan dalam industri perhotelan, menyoroti peran penting praktik
ESG dalam mendorong parawisata berkelanjutan.
Collections
- UT - Business [597]
