dc.description.abstract | Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebagai bagian dari institusi sektor publik diharuskan melakukan efisiensi dalam menggunakan anggaran, disaat yang sama diharapkan dapat menciptakan income generating agar memiliki pendapatan tambahan untuk membiayai berbagai macam kebutuhan yang terus meningkat. Fleksibelitas PTN menambah income generating sulit dilaksanakan apabila model pengelolaannya dalam Bentuk SATKER, dibutuhkan model lain, salah satu diantaranya dengan bertransformasi menjadi Badan Layanan Umum (BLU).
Perkembangan ekonomi pengetahuan jelas pendidikan tinggi memiliki peran penting didalamnya, dibalik itu semua dibutuhkan kemampuan beradaptasi dengan perubahan yang terus terjadi. Maka dari itu PTN yang telah bertransformasi ke BLU, seharusnya mampu menciptakan nilai-nilai baru dalam rangka pencapaian tujuan yang diharapkan, termasuk kebaruan dalam hal pelayanan.
Ada dua hal pokok yang dirubah agar UNG makin kompetitif, yakni kinerja keuangan dan akademik, dalam mengukur kinerja keuangan dan kinerja akademik yang menjadi tujuan dari pelaksanaan BLU di UNG, dukungan situasi organisasi yang meliputi budaya organisasi, kepuasan kerja dan komitmen karyawan yang memadai akan mampu mewujudkan tujuan organisasi.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk merancang bangun model pengembangan pengelolaan PTN BLU UNG yang transformatif dan komprehensif. Metode yang digunakan dalam merancang bangun model PIN BLU adalah SSM. Hasil penelitian menemukan: (1) Kinerja keuangan dan kinerja akademik UNG terus meningkat setelah beriransformasi menjadi PTN BLU, dan terlihat hasil dari analisis Gap kinerja keuangan dan kinerja akademik dimana para dosen dan pegawai merasakan kualitas pelayanan lebih tinggi dari pada kualitas pelayanan yang diharapkan, dengan kata lain kesenjangan natara tingkat pelayanan yang diharapkan lebih rendah daripada kinerja pelayanan aktual; (2) Model konseptual perubahan yang dibangun terlihat bahwa pejabat struktural BLU UNG sebagai agen perubahan serta karyawan (dosen dan pegawai) sebagai target perubahan membangun komitmen bersama terhadap perubahan organisasi lewat penguatan kapabilitas organisasi untuk meningkatkan pendapatan dan kinerja akademik BLU UNG; (3) Strategi yang harus menjadi prioritas sebagai pendukung keputusan dari model yang dibangun adalah peningkatan kinerja akademik dengan menggunakan strategi memperbaiki kualitas pembelajaran sebagai prioritas utama. Secara overall strategi ini juga dianggap penting untuk mencapai goal dilakukannya transformasi kelembagaan UNG. | |