Show simple item record

dc.contributor.advisorSuharjo, Budi
dc.contributor.advisorNurmalina, Rita
dc.contributor.advisorDjohar, Setiadi
dc.contributor.authorRekarti, Endi
dc.date.accessioned2024-11-07T06:25:50Z
dc.date.available2024-11-07T06:25:50Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159404
dc.description.abstractKontribusi Perguruan Tinggi Swasta dalam penyediaan jasa pendidikan tinggi di Indonesia sangat mendominasi. Sebanyak 90.7 % perguruan tinggi di Indonesia merupakan perguruan tinggi swasta (PTS) dan hanya 9.3 % yang merupakan perguruan tinggi negeri (PTN). Kehadiran perguruan tinggi swasta ini diharapkan dapat memperluas kesempatan bagi masyarakat yang akan melanjutkan studi sekaligus mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi yang masih di bawah negara tetangga. Namun kenyataannya tidak semua PTS mampu menarik minat masyarakat sehingga sebagian mengalami kekurangan mahasiswa dan akhirnya harus ditutup atau bergabung dengan perguruan tinggi lain. Reputasi merupakan salah satu yang diduga menjadi penyebab berkurang minat masyarakat melanjutkan studi ke PTS. Reputasi perguruan tinggi ini dapat dibangun dengan akreditasi, pemeringkatan dan lainnya yang juga menggambarkan pencapaian kinerja akademik. Dosen merupakan pelaku utama dalam perguruan tinggi dan menentukan pencapaian kinerja akademik. Data Kemenristekdikti yang disajikan pada bab pendahuluan disertasi ini, memperlihatkan bahwa pencapaian dosen PTS lebih rendah dibanding dengan perguruan tinggi negeri seperti dalam hal jenjang fungsional akademik, penelitian dan publikasi ilmiah dosen. Intensi berperilaku dosen salah satu yang perlu menjadi kajian sebagai langkah awal untuk mencari langkah mendorong kinerja akademik perguruan tinggi swasta. Oleh karena itu penelitian ini berupaya mengembangkan suatu Model intensi berperilaku akademik dosen sebagai pedoman bagi pengelolaan PTS. Model dikembangkan dengan menggunakan pendekatan pemasaran internal yang memandang dosen sebagai pelanggan internal bagi perguruan tinggi. Pendekatan tersebut diintegrasikan dengan pendekatan Pemasaran relasional sebagai konsep penting dalam pemasaran jasa yang memiliki interaksi tinggi dengan pelanggannya. Pemasaran internal merupakan “penawaran” perguruan tinggi terhadap terhadap para dosen agar bersedia melakukan pekerjaan akademik di PTS tersebut. Penawaran tersebut merupakan internal marketing mix sebagaimana dilakukan pada pemasaran eksternal. Dalam penelitian ini penawaran tersebut merupakan variabel eksogen terdiri variabel rewards, komunikasi internal, pengembangan staf Dosen dan lingkungan kerja. Kebijakan terkait keempat unsur tersebut menjadi penawaran perguruan tinggi terhadap dosen yang secara teori akan memengaruhi intensi berperilaku akademik. Dalam konsep pemasaran relasional, semua kegiatan diarahkan untuk membangun Pemasaran relasional yang ditandai dengan terbentuknya kepuasan, kepercayaan dan komitmen dari dosen sebagai pelanggan internal. Ketiga unsur pemasaran relasional tersebut dapat dibangun PTS melalui kebijakan rewards, komunikasi internal, pengembangan staf dosen dan lingkungan kerja sehingga peran pemasaran internal bukan saja untuk membangun intensi berperilaku akademik tetapi juga pemasaran relasional. Ini berarti pemasaran internal memiliki peran dalam memengaruhi secara langsung intensi berperilaku akademik atau dapat juga secara tidak langsung yaitu dengan terlebih dahulu memengaruhi unsur-unsur pemasaran internal. Bagaimana bentuk hubungan kausalitas ini terjadi antar variabel-variabel tersebut dalam sebuah model akan diteliti dan diuji dalam penelitian ini. Penelitian ini didisain dengan mengkombinasikan penelitian eksplanatory dan penelitian deskriptif kuantitatif. Sebanyak 338 dosen PTS Indonesia disurvei dengan menggunakan kuesioner secara online. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling, yaitu purposive sampling. Responden dibatasi hanya pada dosen bidang ilmu ekonomi dan bisnis yang sudah menjalani kegiatan akademik minimal selama dua tahun berturut-turut. Metode analisis yang akan digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif, Structural Equation Model (SEM) dan uji beda rerata. Analisis deskriptif digunakan untuk melihat hasil pengumpulan data melalui kuesioner sedangkan analisis SEM digunakan untuk mempelajari hubungan kausalitas antar variabel. Pada analisis SEM terdapat dua kelompok pengujian yaitu pengujian model pengukuran dan pengujian model struktural keseluruhan variabel yang digunakan. Analisis juga dilakukan untuk melihat sebarapa besar perbedaan intensi berperilaku akademik dosen yang berada pada PTS dengan berbagai tingkatan akreditasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang menggambarkan hubungan kausalitas antara beberapa variabel bagian dari kedua pendekatan tersebut dapat memengaruhi intensi berperilaku akademik dosen. Pengaruh setiap variabel pemasaran internal terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Pengaruh tidak langsung terlihat lebih dominan karena analisis data menunjukkan bahwa perhitungan angka pengaruh menjadi lebih besar setelah variabel Pemasaran internal memengaruhi Pemasaran relasional untuk selanjutnya dapat memengaruhi intensi berperilaku akademik. Komitmen menjadi variabel sentral yang perlu menjadi perhatian pengelola PTS karena hampir semua variabel yang diikutkan dalam analisis memiliki keterkaitan yang signifikan dengan variabel ini. Lingkungan kerja dan komunikasi internal menjadi variabel pemasaran internal yang penting dalam membangun intensi berperilaku akademik dosen.
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManajemen Pemasaranid
dc.titleModel Intensi Berperilaku Akademik Dosen Berbasis Pemasaran Internal Dan Relasional Pada Perguruan Tinggi Swastaid
dc.subject.keywordManajemen Pemasaranid
dc.subject.keywordInternal Marketingid
dc.subject.keywordRelationship Marketingid
dc.subject.keywordAcademic Behavioral Intentionid
dc.subject.keywordThe Higher Educationid
dc.subject.keywordSemid
dc.subject.keywordpemasaran internalid
dc.subject.keywordpemasaran relasionalid
dc.subject.keywordpemasaran relasionalid
dc.subject.keywordintensi berperilaku akademikid
dc.subject.keywordperguruan tinggiid
dc.subject.keywordStructural Equation Model (SEM) internal marketingid
dc.subject.keywordrelationship marketingid
dc.subject.keywordrelationship marketingid
dc.subject.keywordacademic behavioral intentionid
dc.subject.keywordthe higher educationid


Files in this item

No Thumbnail [100%x80]

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record