Relationship Value Dan Sales Collaboration Dalam Meningkatkan Kinerja Retailer
View/Open
Date
2019Author
Prasetya, Prita
Najib, Mukhamad
Soehadi, Agus W.
Djohar, Setiadi
Metadata
Show full item recordAbstract
Saluran ritel berperan penting dalam penjualan maupun promosi produk cat.
Tantangan utama bagi principal cat dalam membangun kerjasama dengan para
retailer adalah bagaimana membangun hubungan yang saling menguntungkan
dalam jangka panjang. Penelitian dan praktik tentang manajemen channel
pemasaran telah lama membuktikan pentingnya mengelola hubungan antar orang
atau organisasi yang menjalankan fungsi distribusi. Manajemen channel pemasaran
yang tepat akan menghasilkan kinerja bisnis yang sesuai target. Tujuan utama
penelitian ini adalah untuk menguji model empirikal hubungan antara channel
pemasaran, yaitu principal dengan retailer dalam menciptakan relationship value
dan sales collaboration untuk menghasilkan kinerja bisnis, yaitu kinerja pemasaran,
kinerja finansial dan kinerja operasional.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu memberikan
gambaran atas suatu peristiwa atau gejala disuatu tempat tertentu. Unit analisis dari
penelitian ini adalah toko bahan bangunan dan toko cat yang menjual cat tembok.
Sedangkan responden penelitian ini adalah pemilik dan atau manajer toko cat yang
ada di Pulau Jawa. Teknik pengolahan dan analisis data pada penelitian ini adalah
analisis deskriptif kuantitatif dan dilakukan dengan menggunakan metode
Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kinerja bisnis
dilakukan dengan membangun relationship value dengan menciptakan knowledge
value, strategic value, personal value dan financial value. Relationship value
menghasilkan kinerja bisnis melalui sales collaboration, relational trust dan
relational commitment yang dibangun dari berbagi nilai dan penciptaan lebih
banyak nilai antara principal-retailer sehingga dapat memperkuat hubungan.
Sementara itu faktor relationship age tidak signifikan dalam memoderasi pengaruh
dari relationship value dan sales collaboration. Dari penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa relationship value, relational trust, relational commitment dan
sales collaboration merupakan faktor penting dalam meningkatkan kinerja retailer.
Collections
- DT - Business [333]