KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DALAM MENDUKUNG PEMASARAN PADA PT TELEPORT DATA PERSADA
Abstract
DEDE ISMA MAULANA. Komunikasi Antarpribadi Dalam Mendukung
Pemasaran Pada PT Teleport Data Persada. Dibimbing oleh LEONARD
DHARMAWAN.
Komunikasi dalam upaya mendukung pemasaran memegang peranan
penting karena menyampaikan informasi tentang produk dan jasa yang dimiliki
perusahaan sekaligus meyakinkan pelanggan untuk membeli produk tersebut dan
pelayanan jasa yang ditawarkan perusahaan. Salah satu bentuk komunikasi yang
digunakan dalam upaya mendukung pemasaran suatu perusahaan adalah
komunikasi interpersonal. Penelitian ini untuk mencari tahu bagaimana komunikasi
antarpribadi dalam mendukung pemasaran pada PT Teleport Data Persada. PT
Teleport Data Persada merupakan perusahaan yang menyediakan jasa jaringan
telekomunikasi dan jasa instalasi. PT. Teleport Data Persada berlokasi di Perum
Puri Rangkapan Jaya 2, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Penelitian
dilaksanakan pada bulan Februari hingga April 2024. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif deskriptif dengan berdasarkan teori komunikasi antarpribadi dan
pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi yang
dilakukan oleh petugas pemasaran dalam mendukung pemasaran pada PT Teleport
Data Persada adalah dengan cara melakukan persiapan yang baik, melakukan
strategi komunikasi dan melakukan komunikasi persuasif kepada klien/pelanggan.
Juga kegiatan komunikasi antarpribadi dalam mendukung pemasaran pada PT
Teleport Data Persada memiliki beberapa hambatan di dalam pelaksanaannya yang
dapat menyebabkan proses pelaksanaan pemasaran terganggu dan tidak berjalan
dengan lancar seperti penggunaan bahasa teknis, kurangnya kemampuan petugas
pemasaran memiliki kemampuan komunikasi antarpribadi, masih kurang
tertanamnya sikap empati pada diri petugas pemasaran dan perbedaan persepsi,
sehingga perlu ditingkatkan lagi kemampuan komunikasi antarpribadi dan
profesionalisme marketing PT Teleport Data Persada di masa mendatang agar dapat
mendukung pemasaran. DEDE ISMA MAULANA. Interpersonal Communication in Supporting Marketing
at PT Teleport Data Persada. Supervised by LEONARD DHARMAWAN.
Communication in an effort to support marketing plays an important role because
it conveys information about the products and services owned by the company while
convincing customers to buy the products and services offered by the company. One
form of communication used in an effort to support a company's marketing is
interpersonal communication. This study aims to find out how interpersonal
communication supports marketing at PT Teleport Data Persada. PT Teleport Data
Persada is a company that provides telecommunications network services and
installation services. PT. Teleport Data Persada is located in Perum Puri
Rangkapan Jaya 2, Pancoran Mas District, Depok City. The research was
conducted from February to April 2024. This study uses a descriptive qualitative
method based on the theory of interpersonal communication and marketing. The
results of the study indicate that interpersonal communication carried out by
marketing officers in supporting marketing at PT Teleport Data Persada is by
making good preparations, implementing communication strategies and
conducting persuasive communication to clients/customers. Also, interpersonal
communication activities in supporting marketing at PT Teleport Data Persada
have several obstacles in their implementation that can disrupt the marketing implementation process and not run smoothly, such as the use of technical
language, lack of ability of marketing officers to have interpersonal communication
skills, lack of empathy in marketing officers and differences in perception, so it is
necessary to improve interpersonal communication skills and marketing
professionalism at PT Teleport Data Persada in the future in order to support
marketing.