Pengaruh Keterikatan dan Kesejahteraan terhadap Loyalitas Konsumen Layanan Pembiayaan X dan Y
Abstract
Layanan pembiayaan saat ini menunjukkan peran pentingnya dalam memenuhi kebutuhan finansial, namun konsumen cenderung melakukan pembelian tanpa berencana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterikatan dan kesejahteraan terhadap loyalitas konsumen layanan pembiayaan. Data dikumpulkan dari 200 responden menggunakan purposive sampling. Kriteria contoh pada penelitian ini adalah masyarakat berusia 19-65 tahun yang tinggal di kawasan Jabodetabek dan pernah menggunakan layanan pembiayaan. Data kemudian diolah dan dianalisis menggunakan program Microsoft Excel 2019 untuk analisis deskriptif, SPSS ver. 25 untuk uji korelasi, dan Smart-PLS untuk uji SEM. Hasil uji deskriptif pada penelitian ini menunjukkan bahwa keterikatan, kesejahteraan, dan loyalitas konsumen berada pada kategori tinggi. Hasil uji SEM menunjukkan bahwa semakin terikat konsumen terhadap layanan, maka tingkat loyalitas konsumen cenderung meningkat. Kesejahteraan konsumen memiliki pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas konsumen. Oleh karena itu, konsumen diharapkan untuk lebih bijak dalam memilih layanan yang tidak hanya memberikan manfaat produk, tetapi juga berkontribusi positif terhadap kesejahteraan eudaimonik dan hedonis. Financing services are currently showing their essential role in meeting financial needs, but consumers tend to make unplanned purchases. This study analyzes the influence of engagement and well-being on consumer loyalty of financing services. Data was collected from 200 respondents using purposive sampling. The sample criteria for this study are people aged 19-65 who live in the Jabodetabek area and have used financing services. The data was then processed and analyzed using the Microsoft Excel 2019 program for descriptive analysis, SPSS ver—25 for the correlation test, and Smart-PLS for the SEM test. The descriptive test results in this study show that consumer engagement, well-being, and loyalty are in the high category. The SEM test results show that the more engaged consumers are with the service, the more consumer loyalty increases. Consumer well-being has an indirect effect on consumer loyalty. Therefore, consumers are expected to be wiser in choosing services that provide product benefits and contribute positively to eudaimonic and hedonic well-being.