Pengaruh Motivasi, Gaya Hidup, Word of Mouth, dan Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonik
Abstract
Aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa yang mengikuti UKM memiliki potensi dehidrasi. Cairan tubuh yang tidak terpenuhi dapat mempengaruhi performa olahraga serta fokus atlet. Salah satu cara untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh adalah dengan mengonsumsi minuman isotonik. Beberapa faktor yang memengaruhi keputusan pembelian minuman isotonik adalah gaya hidup dan word of mouth. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik responden, motivasi, gaya hidup, word of mouth, minat beli, dan keputusan pembelian minuman isotonik, menganalisis pengaruh motivasi, gaya hidup, word of mouth terhadap minat beli minuman isotonik, serta menganalisis pengaruh motivasi, gaya hidup, word of mouth, dan minat beli terhadap keputusan pembelian minuman isotonik. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik sensus. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang tergabung di 10 UKM olahraga. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei menggunakan kuesioner kepada 225 mahasiswa yang ikut tergabung dalam UKM olahraga. Analisis data menggunakan SPSS dan SEM. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif signifikan antara motivasi, gaya hidup,word of mouth terhadap minat beli. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa motivasi, gaya hidup, dan minat beli berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minuman isotonik.