Show simple item record

dc.contributor.advisorPambudy, Rachmat
dc.contributor.advisorBurhani, Al-May Abyan Izzy
dc.contributor.authorMukarom, Andri Ahmad
dc.date.accessioned2024-10-22T06:39:42Z
dc.date.available2024-10-22T06:39:42Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/159114
dc.description.abstractAgen Sumber Jaya adalah salah satu perusahaan yang mengusahakan ikan asin di daerah Jakarta Utara. Saat ini, Agen Sumber Jaya menghadapi permasalahan pada penjualan ikan asin yang masih fluktuatif sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kegiatan pemasaran ikan asin, merumuskan alternatif strategi bagi kegiatan pemasaran ikan asin serta merumuskan prioritas strategi pemasaran ikan asin yang dapat diterapkan oleh Agen Sumber Jaya. Penelitian ini menggunakan matriks IFE dan EFE untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal, matriks IE dan SWOT untuk formulasi alternatif strategi, dan QSPM untuk penentuan prioritas strategi. Berdasarkan hasil penelitian Agen Sumber Jaya berada pada sel I yaitu Tumbuh dan Membangun yang memiliki tujuh alternatif strategi pemasaran. Strategi yang menjadi prioritas strategi pemasaran ikan asin Agen Sumber Jaya berdasarkan QSPM adalah penggunaan media sosial atau digital marketing sebagai sarana promosi dan penjualan untuk menambahkan target penjualan dengan nilai STAS sebesar 7,753.
dc.description.abstractSumber Jaya Agent is one of the companies that produces salted fish in the North Jakarta area. Until now, Sumber Jaya Agent has been facing problems with sales of salted fish which are still fluctuating so research needs to be done to get the right marketing strategy. This research aims to analyze internal and external factors that influence salted fish marketing activities, formulate alternative strategies for salted fish marketing activities, and determine priorities for salted fish marketing strategies that Sumber Jaya Agents can implement. This research uses the IFE and EFE matrices to analyze the internal and external environment, the IE and SWOT matrices to formulate strategic alternatives, and QSPM to determine strategic priorities. Based on the research result, Sumber Jaya Agent is in cell I, namely Grow and Build which has seven alternative marketing strategies. Agen Sumber Jaya's salted fish marketing strategy, based on QSPM, prioritizes the use of social media or digital marketing as a means of promotion and sales to increase sales targets, achieving a STAS value of 7,753.
dc.description.sponsorship
dc.language.isoid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran Ikan Asin Agen Sumber Jaya di Pasar Tradisional Ikan Asin Jakarta Utaraid
dc.title.alternativeAnalysis of the Salted Fish Marketing Strategy of Sumber Jaya Agent at the Traditional Market for Salted Fish
dc.typeSkripsi
dc.subject.keywordstrategi pemasaranid
dc.subject.keywordSWOTid
dc.subject.keywordQSPMid
dc.subject.keywordikan asinid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record