Analisis Strategi Pemasaran Ikan Asin Agen Sumber Jaya di Pasar Tradisional Ikan Asin Jakarta Utara
Date
2024Author
Mukarom, Andri Ahmad
Pambudy, Rachmat
Burhani, Al-May Abyan Izzy
Metadata
Show full item recordAbstract
Agen Sumber Jaya adalah salah satu perusahaan yang mengusahakan ikan asin di daerah Jakarta Utara. Saat ini, Agen Sumber Jaya menghadapi permasalahan pada penjualan ikan asin yang masih fluktuatif sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kegiatan pemasaran ikan asin, merumuskan alternatif strategi bagi kegiatan pemasaran ikan asin serta merumuskan prioritas strategi pemasaran ikan asin yang dapat diterapkan
oleh Agen Sumber Jaya. Penelitian ini menggunakan matriks IFE dan EFE untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal, matriks IE dan SWOT untuk formulasi alternatif strategi, dan QSPM untuk penentuan prioritas strategi.
Berdasarkan hasil penelitian Agen Sumber Jaya berada pada sel I yaitu Tumbuh dan Membangun yang memiliki tujuh alternatif strategi pemasaran. Strategi yang menjadi prioritas strategi pemasaran ikan asin Agen Sumber Jaya berdasarkan
QSPM adalah penggunaan media sosial atau digital marketing sebagai sarana promosi dan penjualan untuk menambahkan target penjualan dengan nilai STAS
sebesar 7,753. Sumber Jaya Agent is one of the companies that produces salted fish in the North Jakarta area. Until now, Sumber Jaya Agent has been facing problems with sales of salted fish which are still fluctuating so research needs to be done to get the right marketing strategy. This research aims to analyze internal and external factors that influence salted fish marketing activities, formulate alternative strategies for
salted fish marketing activities, and determine priorities for salted fish marketing strategies that Sumber Jaya Agents can implement. This research uses the IFE and EFE matrices to analyze the internal and external environment, the IE and SWOT matrices to formulate strategic alternatives, and QSPM to determine strategic priorities. Based on the research result, Sumber Jaya Agent is in cell I, namely Grow and Build which has seven alternative marketing strategies. Agen Sumber Jaya's salted fish marketing strategy, based on QSPM, prioritizes the use of social media or digital marketing as a means of promotion and sales to increase sales targets, achieving a STAS value of 7,753.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]