Pengaruh Gaya Pengasuhan, Metode Sosialisasi, dan Kecerdasan Emosional Ibu terhadap Karakter Disiplin Anak Usia Prasekolah
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya pengasuhan, metode sosialisasi, dan kecerdasan emosional ibu terhadap karakter disiplin anak usia prasekolah di sekolah progresif dan konvensional. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional study dengan teknik wawancara menggunakan kuesioner serta melibatkan 103 ibu dan anak usia prasekolah di Kota dan Kabupaten Bogor yang dipilih secara purposive dengan pertimbangan lokasi penelitian merupakan TK progresif dan TK konvensional. Analisis data menggunakan uji deskriptif, uji beda, uji korelasi, dan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu menerapkan gaya pengasuhan otoritatif, serta kecerdasan emosional dan metode sosialisasi ibu secara umum termasuk ke dalam kategori sedang. Sementara karakter disiplin anak usia prasekolah termasuk ke dalam kategori sedang. Tidak terdapat perbedaan signifikan antara gaya pengasuhan, metode sosialisasi, kecerdasan emosional ibu, dan karakter disiplin berdasarkan jenis sekolah. Gaya pengasuhan otoritatif dan metode sosialisasi secara total berhubungan positif signifikan dan berpengaruh langsung positif signifikan dengan karakter disiplin. Sementara itu, gaya pengasuhan permisif berhubungan negatif signifikan dengan karakter disiplin. Gaya pengasuhan otoritatif juga ditemukan berpengaruh tidak langsung terhadap karakter disiplin melalui metode sosialisasi. Sementara itu, kecerdasan emosional ibu tidak berpengaruh terhadap karakter disiplin anak.