Pengaruh Sosialisasi Keuangan Keluarga dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Remaja
Abstract
Kemudahan dalam berbelanja baik secara langsung maupun tidak langsung melalui platform online membuat banyak orang semakin senang berbelanja dan menghabiskan uangnya, hal ini membuat seseorang menjadi hidup lebih konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sosialisasi keuangan keluarga dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif pada remaja. Responden dalam penelitian ini adalah 225 siswa/siswi SMAN 10 Kota Bekasi. Hasil uji korelasi menunjukkan sosialisasi keuangan keluarga berhubungan signifikan positif dengan literasi keuangan dan perilaku konsumtif berhubungan signifikan negatif dengan literasi keuangan. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara sosialisasi keuangan keluarga dengan perilaku konsumtif responden. Hasil analisis SEM menunjukkan sosialisasi keuangan keluarga berpengaruh langsung signifikan positif terhadap literasi keuangan, literasi keuangan berpengaruh langsung signifikan negatif terhadap perilaku konsumtif, dan sosialisasi keuangan keluarga berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumtif melalui literasi keuangan.