Pengembangan Frontend Sistem Reservasi Mobil pada Aplikasi B7 Connect Berbasis Mobile menggunakan Metode Prototyping
Abstract
PT Bintang Toedjoe memiliki lebih dari seribu karyawan di berbagai divisi dan cabang. Tingkat pertukaran informasi yang tinggi dapat menurunkan efisiensi jika tidak dikelola dengan baik. Untuk mengatasi hal ini, PT Bintang Toedjoe telah mengembangkan aplikasi B7 Connect berbasis mobile dengan tujuan mempercepat proses yang sebelumnya dilakukan secara manual untuk meningkatkan efisiensi. Salah satu proses tersebut adalah proses reservasi mobil yang dilakukan oleh semua karyawan di kantor pusat PT Bintang Toedjoe untuk memesan transportasi pada hari dan jam tertentu, baik untuk keperluan bisnis maupun perjalanan dinas. Saatini, proses reservasi mobil masih dilakukan secara manual dengan menghubungi Divisi General Affair melalui aplikasi WhatsApp. Proses manual ini lambat dan rawan terjadi kesalahan karena penjadwalan masih dilakukan secara manual oleh personel Divisi General Affair tanpa bantuan sistem. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Reservasi Mobil di dalam aplikasi B7 Connect pada bagian frontend. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode prototyping, yang dilakukan dalam dua iterasi. Prototipe dikembangkan berdasarkan desain yang diperoleh dari hasil komunikasi dengan tim pengembang dan stakeholder. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah prototipe aplikasi mobile yang memiliki fitur utama untuk melihat jadwal reservasi mobil, membuat permintaan reservasi mobil, dan memberikan respons terhadap permintaan reservasi mobil. PT Bintang Toedjoe has over a thousand employees across various divisions and branches. The high level of information exchange can reduce efficiency if not properly managed. To address this, PT Bintang Toedjoe has developed a mobile-based application, B7 Connect, to accelerate processes that were previously done manually to increase efficiency. One such process is car reservation, which is done by all employees at the head office to book transportation for a specific day and time, either for business purposes or official trips. Currently, car reservation is still carried out manually by contacting the General Affairs Division through WhatsApp. This manual process is slow and prone to errors because scheduling is done manually by a General Affairs Division personnel without any assistance from a system. Therefore, this research aims to develop a Car Reservation System within B7 Connect on the frontend side. This research was conducted using the prototyping method, carried out in two iterations. The prototype was developed based on designs obtained from communication with the development team and stakeholders. The final output of this research is a mobile application prototype with features to view car reservation schedule, create new car reservation requests, and respond to car reservation requests.
Collections
- UT - Computer Science [2482]
