Pengetahuan dan Persepsi Konsumen Mengenai Fungsi Kemasan Daun Pisang Serta Pola Konsumsi Produknya
Abstract
Penggunaan kemasan daun pisang sebagai pengganti kemasan plastik di area
terminal-terminal Bogor dapat mengurangi mengurangi masalah sampah di Kota
dan Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat
pengetahuan dan persepsi konsumen mengenai fungsi dan keamanan daun pisang
sebagai kemasan pangan pada masyarakat di area terminal-terminal Bogor,
mengetahui pola konsumsi produknya, faktor-faktor yang memengaruhi keputusan
konsumen terhadap pembelian produknya, serta loyalitas konsumen. Metode dalam
penelitian menggunakan probability sampling dengan jenis purposive sampling.
Analisis data menggunakan uji deskriptif, uji deskriptif kuantitatif dan uji chi
square. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan dan persepsi konsumen
mengenai keamanan dan fungsi daun pisang sebagai kemasan pangan sudah baik.
Frekuensi konsumsi paling sering dilakukan konsumen terhadap produknya
sebanyak 1-2 kali per minggu (43,52%) dan jumlah konsumsi paling sering
sebanyak 1-2 produk per pembelian (89,81%). Sedangkan jenis produk yang paling
sering dikonsumsi adalah arem-arem. Faktor yang mempengaruhi pembelian produk
pangan dengan kemasan daun pisang yaitu kebiasaan, harga produk, kualitas
kemasan, tampilan kemasan, tempat penjualan, jenis produknya, dan rekomendasi
orang lain/iklan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen
diantaranya produk pangannya, kualitas dan tampilan kemasan, rekomendasi orang
lain, dan pelayanan yang baik dari penjual.