Rancangan Strategi Branding di MRMP (Modern Rice Milling Plant) Bulog Sragen
Abstract
MRMP BULOG Sragen menghadapi beberapa kendala, seperti fluktuasi harga bahan baku, pasar yang terbatas, dan penjualan beras siap konsumsi yang rendah karena persaingan yang ketat. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah untuk merancang strategi branding yang lebih efektif di MRMP BULOG Sragen agar pemasaran produk dapat berjalan optimal dan mencapai target yang diinginkan. Proyek desain utama (Produta) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui strategi dan hambatan branding yang sedang berjalan di MRMP BULOG Sragen, menyusun alternatif brand dan strategi branding yang tepat untuk diterapkan di MRMP BULOG Sragen dengan pendekatan STP dan value proposition canvas, serta mengembangkan desain kemasan produk merek MRMP BULOG Sragen dengan bantuan skala Likert. Hasil analisis STP untuk produk yang akan dikembangkan MRMP Sragen adalah ibu rumah tangga yang tinggal di Jabodetabek. MRMP BULOG Sragen dapat memperkuat daya saingnya dengan fokus pada pemenuhan kebutuhan pelanggan. MRMP BULOG Sragen faces several challenges, such as fluctuations in raw material prices, limited market segmentation, and low sales of ready-to-consume rice due to intense competition. Therefore, it is necessary to design more effective branding strategies for MRMP BULOG Sragen to optimize product marketing and achieve the desired targets. The main design project (Produta) is carried out with the aim of understanding the current branding strategies and obstacles at MRMP BULOG Sragen, developing appropriate brand alternatives and branding strategies to be implemented at MRMP BULOG Sragen using the STP approach and value proposition canvas, and creating product packaging designs for the MRMP BULOG Sragen brand with the help of a Likert scale. The STP analysis results for the product to be developed by MRMP Sragen target housewives living in the Jabodetabek area. MRMP BULOG Sragen can strengthen its competitiveness by focusing on meeting customer needs.