Analisis Penyebab Kecelakaan Berdasaran Swiss Cheese Model Theory pada Kegiatan Pengangkutan Log Menggunakan Motor Engkreg
Abstract
Penyaradan merupakan salah satu tahapan penting dalam kegiatan
pemanenan kayu. Kegiatan pemanfaatan hutan yang didominasi oleh metode
manual dan mekanis memiliki risiko kecelakaan yang tinggi. Contoh penerapan
metode manual tersebut adalah penggunaan sepeda motor modifikasi yang disebut
motor engkreg. Kecelakaan yang ditimbulkan pada penyaradan dengan metode
manual diduga memiliki frekuensi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan
menganalisis penyebab kecelakaan pada kegiatan penyaradan menggunakan motor
engkreg. Metode Human Factors Analysis and Classification System adalah suatu
alat analisis kecelakaan yang digunakan untuk menganalisis suatu kecelakaan atau
insiden berdasarkan Swiss Cheese Model Theory. Hasil penelitian yang dilakukan
menunjukkan terdapat 38% kasus dengan risiko ekstrem. Akar penyebab
kecelakaan yang terjadi adalah buruknya manajemen Keselamatan dan Kesehatan
Kerja (K3) yang dibuktikan dengan kurangnya pemahaman K3 dan kegagalan
supervisor dalam melakukan pengawasan. Dugaan tersebut didukung dengan
adanya perbedaan yang signifikan pada persepsi K3 pekerja ojek engkreg. Skidding is one of the important stages in timber harvesting activities.
Forest utilization activities dominated by manual and mechanized methods have a
high risk of accidents. An example of the application of the manual method is the
use of a modified motorcycle called an engkreg motor. Accidents caused by
skidding with manual methods are thought to have a high frequency. This study
aims to analyze the causes of accidents in skidding activities using engkreg motors.
The Human Factors Analysis and Classification System method is an accident
analysis tool used to analyze an accident or incident based on the Swiss Cheese
Model Theory. The research results showed that 38% of cases were extreme risk.
The root cause of accidents is poor Occupational Health and Safety (OHS)
management as evidenced by the lack of understanding of OHS and the failure of
supervisors to supervise. This assumption is supported by the significant difference
in the OHS perceptions of engkreg motorcycle workers.
Collections
- UT - Forest Management [3097]