The Analysis of Beauty Influencers Towards Purchase Intention of Beauty Products (Case Study on Gen Z in Jabodetabek)
Date
2024Author
Fadhillah, Fadhya Putri
Ma'arif, Mohamad Syamsul
Sari, Linda Karlina
Metadata
Show full item recordAbstract
FADHYA PUTRI FADHILLAH. Pengaruh Beauty Influencer Terhadap Minat
Pembelian Produk Kecantikan (Studi Kasus pada Gen Z di Jabodetabek). Dibimbing
oleh M SYAMSUL MAARIF dan LINDA KARLINA SARI.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beauty influencer terhadap
minat pembelian produk kecantikan pada generasi Z di wilayah Jabodetabek. Latar
belakang penelitian ini adalah meningkatnya penggunaan media sosial dan peran
signifikan beauty influencer dalam mempromosikan produk kecantikan. Gen Z dipilih
sebagai subjek penelitian karena mereka merupakan pengguna utama media sosial dan
memiliki daya beli yang signifikan dalam industri kecantikan. Metode penelitian yang
digunakan adalah survei dengan menyebarkan kuesioner. Data dianalisis menggunakan
model VisCAP (Visibility, Credibility, Attraction, Power) untuk menilai pengaruh
masing-masing variabel terhadap minat pembelian. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa semua variabel dalam model VisCAP memiliki pengaruh signifikan terhadap
minat pembelian produk kecantikan. Dari keempat variabel tersebut, Credibility
memiliki pengaruh terbesar. Kepercayaan terhadap beauty influencer adalah faktor
utama yang mendorong minat pembelian produk kecantikan di kalangan Gen Z.
Kesimpulan dari penelitian ini beauty influencer memiliki peran penting dalam
mempengaruhi minat pembelian produk kecantikan, terutama melalui kredibilitas
mereka. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi perusahaan kecantikan untuk
fokus pada kolaborasi dengan beauty influencer yang memiliki kredibilitas tinggi untuk
meningkatkan penjualan produk mereka.
Collections
- UT - Business [424]